fbpx
Umum  

Zwingly Demena Dipercaya Pimpin IKBJ Mimika Periode 2021 – 2024

Timika, APN – Ikatan Keluarga Besar Jayapura ( IKBJ) Kabupaten Mimika dalam Musyawarah Besar (Mubes)-nya hari kedua, Jumat (12/3) berhasil menetapkan Zwingly Demena sebagai ketua IKJB terpilih untuk periode 2021-2024 di gedung MPCC.

Dari tiga kandidat yang awalnya mencalonkan terdiri dari Yohanes Demotekay utusan dari sub suku Grime Nawa meraih 36 suara sah, berikutnya calon nomor urut 2 Septinus Tungkoye utusan dari sub suku Sentani dengan meraih 23 suara sah, serta calon nomor urut 3 Zwingly Demena utusan dari sub suku Tanah Merah meraih 53 suara sah. Sedangkan calon nomor urut 4 Obeth Meno utusan dari sub suku Port Numbay menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan.

Suasana penghitungan suara dalam Mubes I IKBJ Kabupaten Mimika di Gedung MPCC YPMAK Mimika. (Foto: Anis-APN)

Dari hasil perolehan suara sah itulah diketahui, Zwingly Demena yang memperoleh suara sah tertinggi dari ketiga calon lainnya akhirnya dipercaya memimpin sebagai Ketua IKBJ terpilih untuk masa bhakti 2021-2024.

Proses pemilihan yang berlangsung pada pukul 15. 30 WIT oleh sebanyak 125 suara yang memberikan hak suaranya, merupakan perwakilan dari 5 Sub suku dengan masing-masing suku berjumlah 25 hak suara.

Penyampaian Visi Misi oleh Kandidat Calon Ketua IKBJ Kabupaten Mimika. (Foto: Anis_APN)

Dalam proses pemilihan yang berlangsung diketahui hanya 123 suara resmi yang terdiri dari 4 sub suku hadir dengan 25 suara sehingga berjumlah 100 suara dan sub suku Sarmi hanya 23 suara. Sementara 2 tidak menyalurkan suara dan 8 abstein.

Dalam musda tersebut, suasana sempat tegang karena salah satu sub suku merasa tidak diakomodir, namun dengan pendekatan persuasif akhirnya situasi dapat dikendalikan. Sebelum proses pemilihan berlangsung, kandidat-kandidat yang mencalonkan diri memaparkan visi misi dan ditanggapi oleh peserta.

Proses pemilihan berlangsung umum bebas dan rahasia, dimana pemilih menerima surat suara dan masuk dalam bilik suara untuk melakukan pencoblosan. Kemudian surat suara dimasukan dalam kotak suara dan juga dilanjutkan dengan mencelupkan jari tangan pada yang telah disiapkan oleh panitia, sebagai bukti telah memberikan hak suaranya.

Suasana peserta Mubes I IKBJ Mimika mendengarkan pemaparan Visi dan Misi Kandidat Calon Ketua IKBJ. (Foto: Anis_APN)

“Memantapkan organisasi IKBJ menjadi hal utama dan kedepan kita akan mulai benahi dan memantapkan organisasi IKBJ, ini akan menjadi hal itu yang paling utama. Selanjutnya baru menyusul program-program,” tutur Zwingly Demena seuasi kegiatan Mubes.

Pembenahan organisasi IKBJ ini, kata Zwingly dimaksudkan pada perangkat organisasi yang ada dalam IKBJ itu akan benahi bersama-sama dalam lima sub suku yang ada di dalam naungan IKBJ.

Zwingly pun mengatakan bahwa, dirinya tidak bisa bekerja sendiri tetapi akan bekerja sama-sama, dimulai dengan penataan organisasi dan disusul dengan pelaksanaan program kegiatan.

Ia pun menyampaikan terima kasih pada kelima sub suku dari Sentani, Tanah Merah, Sarmi, Grime Nawa dan Port Numbay, sudah mensukseskan musda ini.

Pencoblosan Surat Suara dalam Mubes I IKBJ Mimika. (Foto: Anis_APN)

“IKBJ berdiri sekitar tahun 1989 di Kabupaten Mimika dan dalam perjalanannya, IKBJ mengalami perubahan kepemimpinan, dimulai dari Sub Suku Sentani, Grime Nawa, Tanah Merah. Namun Suku Sarmi tidak bersedia sehingga digelar Mubes ini,” terangnya.

Dirinya pun mengakui akan bersama semua sub suku yang ada mewujudkan cita-cita IKBJ kedepan, karena IKBJ sebagai organisasi untuk mempersatukan tali persaudaraan dan saling mendukung di Tanah Amungsa ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pendiri dan Tua-tua IKBJ. (Anis-cr02).

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: