fbpx
Umum  

YPMAK Salurkan Bantuan Sosial Kemanusiaan Kepada Warga Korban Banjir di Kampung Iwaka dan Nainamuktipura

Timika, antarpapuanews.com – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro atau YPMAK, pengelolah dana kemitraan PT Freeport Indonesia turut berpartisipasi membantu warga kabupaten Mimika yang mengalami musibah banjir beberapa waktu lalu.

Partisipasi YPMAK untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir di sepanjang kali Iwaka yaitu dengan memberikan bantuan paket sembako.

Bantuan sosial kemanusiaan dari YPMAK ini dikhususkan bagi warga yang terdampak banjir di tiga tempat yaitu kampung Iwaka, kampung Nainamuktipura (SP6) dan warga di sekitar area PT PAL jalan trans Nabire.

Bantuan bahan makanan tersebut pada Jumat 9 Oktober 2020 disalurkan kepada warga di dua tempat yaitu kampung Iwaka dan kampung Nainamuktipura.
Bantuan sembako yang terdiri dari beras, telur, supermi, minyak goreng, gula, kopi, penyedap rasa, garam dan daun teh tersebut diserahkan oleh pimpinan YPMAK yang diwakili oleh Frans Uamang, Kepala Devisi Hubungan Masyarakat YPMAK.

“Kami dari YPMAK memberikan sedikit bantuan kepada bapak dan ibu yang terkena dampak bencana banjir. Ini yang dapat kami berikan dan kami berharap meskipun tidak banyak tetapi bisa dibagikan kepada warga yang terdampak sehingga bisa sedikit meringankan beban warga,” kata Frans.

Paket sembako yang dibagikan untuk warga di dua kampung tersebut masing-masing sebanyak 75 paket. Frans mengatakan bantuan tersebut tidak hanya dikhususkan untuk warga tujuh suku saja tetapi untuk semua warga yang terdampak. Namun ia berharap dalam pembagiannya dapat mengutamakan warga tujuh suku.

“Karena bantuan ini bersifat bantuan sosial maka kami berarap perangkat kampung dan babibsa yang ada di kampung ini bisa membagi kepada warga yang terdampak, bukan hanya warga tujuh suku tetapi juga warga yang lain. Namun kami harap dapat mengutamakan warga tujuh suku,” ujarnya.

Mewakili warga kampung, kepala kampung Iwaka, Kanisius Awiyuta, mengucapkan terima kasih kepada YPMAK atas bantuan yang diberikan tersebut. Ia memastikan, bantuan yang diberikan tersebut akan sampai ke warga yang berhak mendapatkannya.

“Terima kasih kepada YPMAK, dan saya pastikan akan salurkan bantuan ini kepada warga,” ucapnya.
Senda dengan Kepala Kampung Iwaka, Sekretaris kampung Nainamuktipura (SP6) Lalu Sukri Rahman juga mengucapkan terima kasih kepada YPMAK. Ia berharap Tuhan akan membalas apa yang YPMAK telah lakukan untuk warganya di kampung Nainamuktipura.

“Kami atas nama warga mengucapkan terima kasih kepada YPMAK. Kami tidak bisa membalas kebaikan bapak, ibu dari YPMAK namun kami percaya Tuhan yang akan membalasnya. Kami dari perangkat kampung akan membagi bantuan ini sehingga warga yang terdampak bisa menerimannya,” katanya.

Rencananya pada Sabtu, (10/10) bantuan paket sembako sebanyak 75 paket juga akan disalurkan kepada warga yang ada di area PT PAL, jalan trans Nabire.

Sebelumnya pada pertengahan Juli 2020 lalu, banjir melanda area distrik Iwaka yaitu kampung Iwaka dan SP6 atau Kampung Nainamuktipura serta warga di area PT PAL, distrik Kuala Kencana.

Banjir akibat luapan kali Iwaka tersebut sempat memutuskan akses jalan menuju PT PAL serta rumah warga terendam air.(Rhdt)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: