fbpx
Berita  

YPMAK Perpanjang Kerjasama Dengan YPL Kelola SATP

Penandatangan kesepakatan bersama, Direktur YPMAK, Febian Magal (kanan, batik putih), dan Ketua Yayasan Pendidikan Lokon, Daniel Korompis (kiri, kameja abu -abu) yang disaksikan langsung dari Pihak YMPAK dan YPL, di Hotel Horison Ultima, Senin (6/6/2022). (Foto: Anis/APN)

Timika, APN – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) perpanjang kerjasama dengan Yayasan Pendidikan Lokon (YPL). Kesepakatan itu ditandai dengan penandatangan kesepakatan bersama perpanjangan pengelolaan Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) yang berlangsung di Hotel Horison Ultima, Senin (6/6/2022).

Direktur YPMAK, Vebian Magal dalam sambutannya mengatakan, dengan kerjasama yang baik antara YPMAK dengan YPL bisa terus terjaga. Diharapkan kerjasama itu bisa mendidik anak-anak Papua sehingga nantinya melahirkan pimpinan-pimpinan yang berkualitas.

“Saya yakin dan percaya bahwa kami  punya komitmen yang sama, sehingga bisa menemukan di titik yang sama, pada akhirnya untuk itu bukan untuk sekedar kertas yang kita tanda tangan bersama tapi tanggung jawab yang luar biasa untuk kita selesaikan bersama, yaitu dengan merawat kemitraan yang bermartabat,” ungkap Direktur YPMAK, Vebian Magal.

Sementara itu, Wakil Direktur YPMAK, Ifa Karupukaro mengatakan, dengan adanya kerjasama bersama YPL yang terbangun sejak tahun 2003 lalu terus terjaga.

“YPMAK juga telah mengirimkan anak – anak peserta siswa untuk sekolah di YPL, dan kami juga sudah melihat hasil yang kami terima dengan pola hidup perkembangan yang mereka sudah jalani begitu luar biasa,” katanya.

Ifa menambahkan selama kurang lebih tiga tahun, bersama dengan YPL untuk mengelola Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP), pihaknnya melihat banyak perkembangan yang  terjadi dengan melihat pola program pendidikan merdeka.

“Benar-benar kita melihat kegiatan anak-anak di sekolah sudah mencuri pandang dari semua orang. Baik dari pusat hingga daerah. Bahkan pusat pun jika berkunjung ke Timika, salah satu tempat yang mereka sangat – sangat diberikan apresiasai terhadap satu model sekolah yang luar biasa di Kabupaten Mimika adalah Sekolah Asrama Taruna Papua (SAPT),” katanya.

Menurut Ifa Mimika patut bersyukut karena ada sekolah yang berpola sekolah internasional, karena penerapan pendidikan yang luar biasa terlebih di sekolah tersebut diisi anak – anak Amungme Kamoro yang bakal menjadi masa depan pimpinan di Mimika maupun di luar daerah.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Lokon (YPL) Mimika, Daniel Korompis mengungkapkan, selama 3 tahun ini sudah banyak hal  yang dipelajari, dan ada rasa bangga bagi YPL  karena melihat anak-anak yang ada di SATP tumbuh dengan sehat dan baik.

“Jika melihat anak – anak dari kondisi fisiknya sangat bagus atau sehat. Dan anak – anak itu ketika ditanya selalu menjawab dengan sopan. Melihat eksposisi dari jauh saja, saya merasa sudah ada hasil yang kami lakukan selama 3 tahun ini,” katanya.

Writer: AnisEditor: Aji

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: