fbpx

Wisma Atlet Siap, Tetapi Penggunaan Tunggu APBD-P

Timika, antarpapuanews.com – Meningkatnya kasus covid-19, Pemerintah Kabupaten Mimika dibuat kebingungan. Solusi dari persoalan tersebut Pemkab akan menggunakan wisma atlet sebagai rumah sakit darurat untuk menangani pasien covid.

Lantaran ruang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika penuh untuk menampung pasien covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra menjelaskan wisma atlet yang rencananya akan di set-up sebagai rumah sakit darurat sudah selesai direhap oleh Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan.

Kendati demikian, wisma atlet belum ditempati pasien covid, karena belum ada anggaran untuk penanganan. Pihaknya akan melakukan persiapan setelah anggaran APBD-P jelas.

“Kami akan menset-up, setelah anggaran perubahan, karena untuk itu juga butuh anggaran, kami sudah usulkan anggaran di perubahan APBD ini, tetapi kami masih menunggu keputusan,” paparnya saat ditemui usai mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD Mimika, Rabu (14/10) malam.

Ia mengaku khawatir, anggaran untuk covid tidak diakomodir. Bila hal tersebut terjadi dirinya bingung, bagaimana cara mempersiapkan wisma atlet, agar segera bisa ditempati.

Anggaran juga dibutuhkan untuk kebutuhan bahan medis habis pakai, karena yang bantuan dari Provinsi terbatas, sehingga Pemkab Mimika harus punya anggaran untuk penanganan covid.

“Kami mau set-up gunakan apa? Kami akan menyiapkan segalanya jika ada anggaran,” tuturnya.

Terhadap tenaga medis yang akan yang menangani pasien di wisma atlet telah dipersiapkan, termasuk insentifnya, karena insentif tenaga medis di backup dari APBN.

“Skenario juga sudah kami siapkan, nantinya pasien dengan gejala ringan akan dibawa ke wisma atlet, kasus yang berat ketika telah ditangani rumah sakit dan dinyatakan membaik, akan dirujuk ke wisma atlet. Sehingga RSUD fokus penanganan pasien gejala berat dengan penyakit penyerta,” jelasnya. (Eye)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: