Waspada Penipuan Modus Transaksi Bank, Ini Tanda-Tandanya

Pemimpin BRI Cabang Mimika, Budi Prastiyanto. (Foto: Sani/APN)
banner

Timika, APN – Pernah dihubungi pihak bank yang memberi tahu anda mendapat hadiah atau pemberitahuan layanan tarif baru? Hati-hati, anda perlu waspada karena bisa jadi itu modus penipuan untuk menguras rekening pribadi anda.

Saat ditemui di Rumah Kreatif BUMN Timika, Kamis (29/9/2022), Pemimpin BRI Cabang Mimika, Budi Prastiyanto mengungkapkan, memang ada kalanya pihak bank secara resmi memberi tahu pemenang undian atau hadiah. Namun setiap penipuan ada ciri khas yang patut diwaspadai para nasabah, apa saja itu? Ini tanda-tandanya jika anda dijadikan target penipuan:

  1. Meminta Informasi Pribadi

Pihak atau petugas bank yang resmi, dilarang atau tidak pernah meminta Username, Password, PIN, Kode OTP (One Time Password), M-Token & CVC/CVV kepada para nasabahnya melalui bentuk atau cara apapun. Semua itu menjadi rahasia pribadi bagi nasabah.

  1. Call Center/Medsos Palsu

Pihak bank selalu mempunyai call center resmi yang dapat dilihat dari website resmi mereka. Untuk BRI misalnya, call center BRI hanya di 14017/ 1500017 atau WA Sabrina (Smart BRI New Assistant) di 0812-12-14017. Selain itu, akun medsos BRI resmi seluruhnya terverifikasi atau ada tanda centang biru/hijau.

Akun terverifikasi dengan Centang Biru/Hijau

“Jika dihubungi WA/Telegram mengatasnamakan BRI seperti BRI-Info atau apapun itu jika tidak ada centang birunya jangan percaya,” kata Budi.

  1. Situs Palsu

Pihak bank selalu mempunyai situs resmi. Untuk BRI, situs resmi hanya satu saja yaitu bri.co.id untuk internet banking hanya ib.bri.co.id. Jika anda diminta login melalui link yang bukan situs resmi tersebut berarti dipastikan itu adalah penipuan. Aplikasi resmi yaitu BRImo juga hanya bisa didownload di App Store, Play Store, Huawei App Gallery.

“Jika ada oknum yang meminta anda login tapi bukan di situs resmi tersebut, jangan pernah mau. Sekarang jamannya sudah canggih, orang dengan mudah membuat website untuk penipuan. Jangan pernah percaya situs lain selain situs resmi bank,” ujar Budi.

  1. Pengumuman Pemenang Hadiah

Ada kalanya memang pihak BRI memberi tahu pemenang via telepon. Namun, itu hanya sekedar konfirmasi saja. Setiap pemenang selalu diarahkan mendapat informasi detail di kantor BRI terdekat. Detail hadiah atau pengambilan hadiah tidak pernah dilakukan via telepon ataupun lewan pesan media sosial.

“Jika ada yang telepon, atau menghubungi via WA, kemudian memberikan informasi detail, sekaligus mengarahkan cara pengambilan hadiahnya, itu hati-hati. Berarti nasabah sedang diincar komplotan penipu,” pungkasnya.

Penulis: SaniEditor: Aji

Tinggalkan Pesan Anda