fbpx

Waket I : Ada Catatan Khusus Terkait Evaluasi APBD 2022 dari Tim Evaluator Provinsi

Wakil Ketua I DPRD Mimika, Alex Tsenawatme

Timika, APN – Tim Evaluator Provinsi memberikan catatan khusus kepada Pemerintah Kabupaten Mimika berkaitan dengan hasil evaluasi Anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua I DPRD Mimika, Alex Tsenawatme kepada Awak Media di Gedung DPRD Mimika, Senin (31/01/2022)

“Jadi, tim Evaluator dari Provinsi menegaskan berulang kali pada saat evaluasi kemarin bahwa satu hal yang mereka kritik yaitu terkait dengan pergeseran program Itulah yang dari Provinsi memberikan catatan khusus,” katanya.

Alex melanjutkan, evaluator provinsi menyoroti soal pergeseran program yang dilakukan, padahal setelah dilakukan pembahasan,ditetapkan, dievaluasi, maka tidak boleh dilakukan pergeseran.

Kendati demikian menurut Alex, pemerataan anggaran sudah baik sebab meliputi semua sektor wilayah Mimika mulai dari gunung, pesisir, sudut kota dan dalam kota.

“Provinsi menyampaikan bahwa tidak boleh ada pergeseran atau perpindahan program apa yang sudah ditetapkan dalam pembahasan antara eksekutif dengan legislatif sudah pas dan sekarang tinggal penyerapannya, dan fungsi kontrol dari DPR, kita siap untuk melakukan,” tegasnya.

Alex berharap Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) segera diberikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar penyerapan anggaran segera dapat dilakukan.

“Silakan melakukan penyerapanya karena anggaran besar ini butuh waktu untuk penyerapanya, jangan sampai di kemudian hari terjadi batas waktunya untuk penyerapanya tidak memungkinkan. Untuk mengantisipasi hal itu, segera lakukan penyerapan anggaranya dan kami siap untuk melakukan fungsi kontrol,” tutupnya.

Writer: AnisEditor: Aji

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: