fbpx

Wagub Bantah Pemprov Papua Tak Dukung Rencana Pemekaran Papua Tengah

Timika, APN – Wakil Gubernur Papua membantah jika Pemerintah Provinsi Papua tidak memberikan dukungan terhadap rencana pemekaran Provinsi Papua Tengah.

Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal mengatakan selama rencana pemekaran tersebut membawa kemajuan bagi masyarakat maka pihaknya akan memberikan dukungan penuh.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal (Kiri) bersama dengan Wakil Bupati Mimika (Kanan), saat akan menghadiri kegiatan peningkatan ekspor komoditas perikanan Provinsi Papua di Kabupaten Mimika dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional tahun 2021 di Timika, Senin (29/3/2021) 

“Rencana pemekaran Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua kita sangat setuju,” ungkapnya saat ditemui Wartawan usai menghadiri kegiatan peningkatan ekspor komoditas perikanan Provinsi Papua di Kabupaten Mimika dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional tahun 2021 di Timika, Senin (29/3/2021) 

Ia menambahkan jika salah satu kriteria yang perlu dipenuhi dalam pengajuan pemekaran Kabupaten menjadi Provinsi adalah persetujuan dari Provinsi induk.

“Jadi, jika ada opini yang terbangun bahwa Pemerintah Provinsi Papua tidak setuju mengenai pemekaran Papua Tengah, itu tidak benar,” tegasnya.

Klemen menyebut Pemprov mendukung penuh dalam segala aspek, bukan hanya aspek legal, administrasi, tetapi juga aspek teknis.

Ditanya terkait perkembangan progressnya Klemen mengatakan dirinya tidak tahu dan tidak mengikuti saat ini sudah sejauh mana progres rencana pemekaran Provinsi Papua Tengah.

“Saya tidak tahu, tanya saja dengan panitia disini (Mimika) dong,” paparnya.

Sementara itu terkait, permasalahan tapal batas, Wagub mengatakan itu juga merupakan tanggung jawab Pemprov.

“Permasalahan tapal batas antara Kabupaten Mimika dengan Kabupaten tetangga itu juga jadi tanggung jawab Provinsi Papua, pasti akan kami selesaikan,” pungkasnya. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: