fbpx

Wabup Mimika: MTQ Diharapkan Menghasilkan Qori dan Qoriah Terbaik

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob saat membuka kegitan MTQ ke XI tingkat Kabupaten Mimika, Jumat (18/3/2022) malam. (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XI tingkat Kabupaten Mimika secara resmi bergulir setelah dibuka oleh Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, Jumat (18/3/202) Malam.

Wakil Bupati Mimika dalam sambutanya berharap melalui momentum pelaksanaan MTQ XI dapat menciptakan bakat-bakat terbaik dalam membaca dan mengimani Al-Qur’an.

“Saya berharap, MTQ ini dapat menghasilkan Qori dan Qoriah terbaik di Kabupaten Mimika,” katanya.

Ia juga berpesan kepada para Dewan Hakim agar menilai peserta dengan adil sesuai kualitas mereka.

Wabup juga menyampaikan agar MTQ juga dapat mewujudkan wajah Kabupaten Mimika sebagai kota toleransi.

MTQ adalah festival keagamaan Islam Indonesia yang diadakan di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional yang bertujuan untuk mengagungkan Al Quran. Pada festival ini, peserta berlomba mengaji Al-Qur’an dengan menggunakan Qira’at.

Ketua Panitia MTQ ke-XI Mimika Absir Budi Hamzah mengatakan perlombaan tersebut terbagi menjadi 6 kategori lomba yakni Tilawah, Hifdzil, Fahmil, Syarhil, Kaligrafi, Karya Tulis Ilmiah dengan total jumlah peserta sebanyak 293 peserta.

“Kegiatan akan dilaksanakan mulai 18-20 Maret 2022 yang dipusatkan di dua masjid yakni Ar-Rahman dan At-Taqwa,” ujarnya.

Kemudian Wakil Ketua 1 Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Mimika Akhir Iribaram mengatakan adanya MTQ diharapkan semakin banyak generasi muda muslim yang berprestasi, sehingga menjadi kebanggan khususnya bagi umat muslim juga masyarakat Kabupaten Mimika pada umumnya.

“Kedepan Qori dan Qoriah atau peserta yang akan menjuarai MTQ ini diharapkan bisa mengharumkan nama Mimika di tingkat Provinsi maupun nasional seperi beberapa waktu lalu ada perwakilan dari Mimika yang sampai ke tingkat nasional mewakili Provinsi Papua dari kategori Tilawah anak dan kaligrafi,” ujarnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: