fbpx
Umum  

Wabup Mimika Resmikan Perpustakaan Mini dan Green House Karya Mahasiswa Uncen

Timika, APN – Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob Resmikan Perpustakaan Mini dan Green House dari hasil Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cendrawasih (Uncen) Kelas Timika, Tahun Angkatan 2018.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob saat melakukan pemotongan pita peresmian green house dan perpustakaan mini di Kampung Limau Asri Barat, Iwaka, Mimika

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita yang berlangsung di Kampung Limau Asri Barat Distrik Iwaka Kabupaten Mimika, Senin (20/09/2021)

Green House dan perpustakaan mini merupakan hasil karya KKN Mahasiswa Uncen selama satu bulan mengabdi di Kampung Mandiri di Kampung Limau Asri Barat, Distik Iwaka, Kabupaten Mimika.

Turut hadir dalam peresmian Perpustakaan Mini (rumah pintar) tersebut, Dekan III  sekaligus Dosen Pembimbing  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uncen Baltasa Kreuta, Danramil Kuala Kencana, Kapolsek Kuala Kencana serta seluruh mahasiswa yang tengah melaksanakan KKN.

Kepala Kampung Limau Asri Barat,  Larius Amokwame menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa yang telah membuat perpustakaan mini serta green house yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya atas nama Pemerintah Kampung dan masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya perpustakaan yang dapat membantu bagi anak anak usia sekolah untuk dimanfaatkan sebagai sarana untuk menuntut ilmu,” ungkapnya.

Dekan III sekaligus Dosen Pembimbing  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uncen Baltasa Kreuta juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob untuk meresmikan hasil karya para mahasiswa dari kegiatan KKN di kampung Limau Asri Barat.

“Kami bangga karena hal ini diluar dari dugaan kami yang pikirkan, pada akhirnya para mahasiswa bisa menghadirkan satu rumah pintar, dan saya mengapresiasi kepada seluruh mahasiswa yang telah bekerja keras dan bisa terlaksana apa yang menjadi rencana,”katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Johanes Rettob mengatakan penghargaan dan apresiasi patut diberikan kepada para mahasiswa Uncen Kelas Timika tahun angkatan 2018, sebab dengan kegiatan KKN dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di Kampung Limau Asri.

“Saya atas nama pemerintah kabupaten Mimika ucapkan terima kasih atas apa yang telah dihasilakn oleh mahasisa Uncen yang sedang KKN, walau ini hanya acara atau kegiatan kecil yang dibuat sekelompok mahasiswa namun sudah luar biasa dan sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah. Dengan membuat program atau gerakan kampung pintar, kampung mandiri, kampung sehat, kampung pariwisata dan kampung Bahari,” tegasnya.

Ia mengakui tidak semua program yang dibuat pemerintah bisa berjalan tanpa dukungan semua pihak.

“Program perpustakaan mini dan Green House ini luar biasa, pemerintah tak bisa berbuat maksimal tanpa ada dukungan dari semua elemen masyarakat. sekali lagi kami menyampaikan penghargaan kepada mahasiswa, dosen , kepala kampung dan semua yang terlibat dalam kegiatan hari ini. Mohon hasil dari mahasiswa ini agar dijaga baik dan menjadi aset bagi Kampung Limau Asri Barat,” ucapnya.

Wabup juga meminta kepada mahasiswa agar terus melakukan pendampingan kepada masyarakat agar bisa memajukan perpustakaan mini dan green house.

“Saya harap rumah pintar ini, kalau sudah selesai jangan lalu dibiarkan, mahasiswa harus terus mendampingi dan terus membina warga agar mereka bisa mengelola secara baik hasil karya mahasiswa. Kepala kampung juga harus menyerukan kepada masyarakat untuk memanfaatkan hasil KKN dengan baik,” kata John.

Setelah persemian, Wabup bersama Dekan III dan para undangan menyempatkan diri melihat secara langsung ruang perpusataakan mini dan green house sebagai perncontohan sejumlah jenis hasil pertanian yang dibuat oleh mahasiswa melalui kegiatan KKN. (Anis)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: