Wabah PMK di Kabupaten Mimika Masih Nihil - Antar Papua News -
Berita  

Wabah PMK di Kabupaten Mimika Masih Nihil

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Timika, Tasrif. (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Kepala Kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Timika, Tasrif mengungkapkan, sejak Januari hingga Juli 2022 belum ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan-hewan ternak di Kabupaten Mimika.

“PMK saat ini belum terdeteksi di Timika karena lalulintas hewan ternak dari luar Mimika melalui jalur laut saat ini sedang diblokade alias ditutup,” kata Tasrif saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/7/2022).

Pernyataan ini sekaligus untuk menegaskan bahwa Mimika saat ini masih terkendali dari gangguan PMK yang tengah mewabah di sejumlah wilayah di Indonesia.

Tasrif juga mengatakan, setiap pemasukan komoditas hewan yang dilalulintaskan seyogyanya harus memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari daerah asal. Kemudian ada rekomendasi dinas dalam hal ini dari daerah setempat. Antara dinas ini harus saling komunikasi sehingga itu menjadi dasar untuk penerbitan surat keterangan kesehatan hewan dari Karantina Pertanian.

Tasrif berharap, seluruh Instansi terkait khususnya di kawasan pelabuhan agar dapat bekerja sama untuk mengambil tindakan pencegahan guna mengantisipasi terjadinya pemasukan hewan ternak melalui jalur lalulintas laut.

“Meskipun belum ditemukan penyakit PMK yang kini mewabah di beberapa daerah, tindakan tersebut adalah sebagai upaya pencegahan dini penularan wabah PMK di Mimika,” ujarnya.

Kepala Stasiun Karantina Pertanian menjelaskan, pemerintah provinsi juga saat ini telah menerbitkan surat terkait penolakan pemasukan hewan ternak dari beberapa daerah, kecuali Jayapura, Keerom, Merauke dan Sorong. Namun saat ini tersisa tiga daerah yang diizinkan, yaitu Jayapura, Merauke dan Keerom.

Selanjutnya, Tasrif mengimbau masyarakat agar tidak memasukkan sapi tanpa dilengkapi dokumen dan harus melaporkan terlebih dahulu kepada pihak Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Timika dan mengikuti semua prosedur yang sudah ditetapkan.

Penulis: WahyuEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: