fbpx

Vanue Panjat Tebing Diperkirakan Rampung Februari Mendatang

Timika, antarpapuanews.com – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Sub Mimika mengelar konferensi pers terkait dengan cabang olahraga Panjat tebing, hadir sebagai narasumber Technical Delegate PB PON XX Papua, Sapto Hardiono didampingi oleh Ketua Harian Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Mimika, yang juga sekaligus Koordinator Sub Bidang Standarisasi Arena PON XX Papua, Moh Basar.

Sapto mengatakan ini adalah kali ketiga dirinya datang ke Kabupaten Mimika untuk mengecek kesiapan cabang olahraga panjat tebing khususnya kesiapan vanue di Mimika.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten, dengan terbangunnya vanue meskipun baru 50 sampai 60 persen,” ujar Sapto dalam konferensi pers yang digelar di Kantor PB PON XX Sub Mimika, di Jl. Hasanuddin, Selasa (1/12).

Khusus untuk vanue panjat tebing sendiri, kata Sapto diperkirakan akan selesai pada Februari atau Maret 2021 mendatang. Setelah selesainya pembangunan vanue tersebut, rencananya akan dilakukan Tes Event pada April atau Mei.

Selain tes event, siapnya vanue panjat tebing sendiri akan membantu tuan rumah (Tim PON Papua Cabor Panjat Tebing) dalam hal ini tim Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) untuk melakukan pemusatan latihan di Mimika.

“Selama ini (TC) kan diluar, nantinya kalau di sini akan lebih menguntungkan buat atlet-atlet Papua karena dapat beradaptasi dengan vanue dibandingkan dengan atlet dari daerah lain,” tegasnya.

Sapto juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten, KONI pusat maupun KONI Mimika. Bahkan Ia menyebut menurut KONI Pusat persiapan Kabupaten Mimika paling cepat dan siap dibandingkan dengan empat wilayah lainnya.

“Segi kontruksi atau prasarana untuk pertandingan sudah bisa selesai, tinggal tunggu prasarana pendukung seperti wall sedang dikirimkan ke Mimika,” paparnya.

Sementara itu Sapto juga menjelaskan ada tiga dinding atau wall yang dikirimkan yakni untuk pertandingan cabor panjat tebing yakni untuk nomor speed, lead dan boulder.

“Perkiraannya minggu depan sudah sampai, kemudian dua minggu itu lagi diharapkan sudah terpasang dinding itu di Mimika Sport Center,” pungkasnya. (Eye)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: