fbpx

Usai Idul Fitri, Harga Bumbu Pokok di Mimika Terpantau Stabil

Lapak milik Sagina salah satu penjual sayur di Pasar Sentral, Rabu (4/5/2022). (Foto: Paul/APN)

Timika, APN- Harga bumbu pokok dan sayur di Kabupaten Mimika usai Idul Fitri relatif stabil.

Harga bumbu pokok dan sayur di Mimika pada umumnya tidak mengalami mulai dari bawang Putih Rp35.000/kg, bawang merah Rp40.000/kg, tomat Rp30.000/kg, wortel Rp18.000/kg, kunyit Rp20.000/kg, Cabe keriting Rp80.000/kg, merica Rp75.000 dan jahe seharga Rp25.000/kg.

Kendati stabil, ada beberapa bahan yang mengalami kenaikan harga seperti minyak goreng dalam kemasan menjadi Rp28.000 per liter, gula pasir tanpa merk Rp16.000/kg, kecap manis Rp28.000 per botol besar dan tepung tapioka dijual berkisar antara Rp80.000-Rp120.000/kg.

“Semua masih sama sebelum hari raya Idul Fitri , dari Diserindag Mimika juga turun memantau dan memang tetap sama. Mulai dari tomat,bawang, cabai, marica, wortel, kunyit semua masih sama kecuali minyak goreng dalam kemasan, kecap,gula, dan tepung tapioka mengalami kenaikan sedikit,” ujar Sagina saat ditemui di Pasar Sentral, Mimika pada, Rabu (4/5/2022)

Sementara itu pedagang lain yang ditemui dikesempatan yang sama Sacha mengatakan hal senada.

“Ada juga yang mengalami kenaikan seperti sayur-sayuran tapi karena memang petani masih sedikit yang masuk bertani setelah Idul Fitri sehingga tidak cukup berpengaruh karena setelah ramai pasti harganya kembali normal,” terang Sacha.

Menurut Sacha, setelah Idul Fitri atau hari kedua pasca lebaran, suasana pasar kembali ramai dan masyarakat mulai beraktifitas seperti biasa, setelah sebelumnya sepi.

“Semuanya masih nomal tapi untuk petani sayur masih belum seluruhnya bertani sehingga masih ada kenaikan harga sedikit. Banyak yang masih libur dan belum kembali bekerja,” katanya.

Sacha mengaku khusus minyak goreng harganya kembali naik karena pasokan yang masuk terbatas dan jumlah yang masih sedikit.

“Sejauh ini masyarakat masih menggunakan minyak curah dari pemerintah sehingga belum ramai mencari minyak. Untuk penjual masih terima pasokan dari luar khusus minyak kemasan,” tutupnya. (CR-01).

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: