fbpx

Unit PPA Serahkan Tersangka Oknum Marbot Cabul ke Kejari Mimika

Kasat Reskrim Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar. (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Mimika telah menyerahkan tersangka oknum marbot cabul berinsial ZI pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika, Jumat (29/3/2022).

Kasat Reskrim Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar mengungkapkan, berkas perkara kasus pencabulan ZI sudah tahap II. Proses penyerahan tersangka kepada pihak Kejari Mimika itu disertai dengan penyerahan barang bukti (BB) berupa pakaian milik korban dan tersangka.

“Sudah dikirim ke kejaksaan, Jumat (29/3/2022) kemarin, untuk tersangka dititipkan kembali di Rutan Polres Mimika,” terang Kasat Reskrim Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/4/2022).

Oknum marbot pada salah satu masjid di SP 3, ZI menjadi tersangka atas dugaan kasus asusila  pada Desember 2021 lalu dengan korban lima murid mengajinya. Modus yang digunakan tersangka adalah mengiming-imingi korban dengan es krim.

Selanjutnya, ZI terancam pidang kekerasan seksual dalam bentuk perbuatan cabul tercantum dalam Pasal 82 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang-Undang.

Atas tindak pidana cabul yang dilakukan, ZI kini dijerat pasal 82 ayat (1) dengan sanksi berupa pidana penjara minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun. (Wahyu)

Writer: WahyuEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: