fbpx
Umum  

Tunggu ADD, BLK Nawaripi Akan Buka Berbagai Pelatihan

Timika, APN – Kampung Nawaripi akan kembali membuka pelatihan khusus di Balai Latihan Kerja (BLK) seperti pengelasan, instalasi listrik, mebel, pertanian, dan perikanan.

Kepala Kampung Nawaripi Norman Ditubun mengatakan kegiatan pelatihan pengelasan dan beberapa lainnya akan dilakukan setelah dana Alokasi Dana Desa (ADD) cair.

Suasana Balai Latihan Kerja Kabupaten Mimika saat peserta sedang membuat batako

“Sembari menunggu pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) yang dilakukan setiap hari di BLK, adalah melakukan pelatihan pencetakan batakao,” ujarnya saat ditemui di Jalan Yohanes Aikawe, Jumat (9/7/2021).

Lanjutnya, saat ini BLK Kampung Nawaripi berkembang cukup cepat, sebab sudah 63 Anak muda asli Papua yang tinggal di Nawaripi yang mendaftar.

“Rata-rata semuanya adalah penggangguran dan drop out sekolah baik dari tingkat Pendidikan Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK). Pendaftaran semakin melonjak ini, ketika anak-anak muda lainnya, melihat dan mendengar bisikan teman-temannya yang sudah bergabung pertama,” jelasnya.

Norman memperkirakan lonjakan kemungkinan akan kembali terjadi setelah banyak pemuda melihat pelatihan pengelasan yang dilakukan di SMK Amamapare Mapurujaya beberapa waktu lalu. (Anis-Cr02)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: