TPNPB OPM PB Bertanggung Jawab Atas Pembantaian Pekerja di Jalan Trans Papua

Korban pembantaian saat dievakuasi ke Pos Satgas Satuan Organik Yonif RK 136/TS Kampung Mayerga, Distrik Moskona Barat, Kabupaten Teluk Bintuni, Kamis (29/9/2022). (Foto: Istimewa)
banner

Timika, APN – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengaku telah melakukan pembantaian kepada 4 pekerja proyek jalan di Jalan Trans Papua, Kamis (29/9/2022).

Melalui siaran pers yang diterima APN, Jumat (30/9/2022), Jubir Komnas TPNPB-OPM, Sebby Sambom mengklaim 4 orang yang dibunuhnya adalah intelejen yang mengerjakan proyek di Jalan Trans Papua. Mereka dibunuh dengan cara ditembak dan dibacok oleh pasukan TPNPB Kodap IV Sorong Raya dengan komandan operasi Mayor Arnoldus Yancen Kocu.

Sedangkan pihak Polda Papua Barat melalui Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi, seusai mengkonfirmasi Kapolres Teluk Bintuni, membenarkan hal tersebut. Pembantaian itu terjadi di Jalan Trans Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Maybrat pada Kamis (29/9/2022).

“Informasi didapat sekitar pukul 18.20 WIT dari Pos Satgas Satuan Organik Yonif RK 136/TS Kampung Mayerga, Distrik Moskona Barat. Mereka melapor tentang adanya tembakan yang diduga dilakukan oleh OTK,” jelas Adam dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/9/2022).

Saat ini Polri tengah mendalami dan mengecek kejadian tersebut. “Sementara saat ini masih didalami dan dicek, Kapolres bersama personil Kodim dan Brimob akan upaya evakuasi korban dan mendatangi TKP,” ujarnya.

Untuk kronologi kejadian, awalnya pada saat masyarakat yang sedang membuat jalan di wilayah Kampung Majnik ke arah Moskona Utara mendengar suara tembakan terdengar kencang dan ditembakan rentetan.

“Akibat penembakan tersebut, terdapat satu teman mereka yang terkena tembakan di bagian tangan kanan sehingga mereka semua sekitar 12 orang diantaranya 11 laki-laki dan 1 perempuan langsung melarikan diri dari dari tempat kejadian dan melapor ke Pos Satgas Satuan Organik Yonif RK 136/TS Kampung Mayerga, Distrik Moskona Barat, Kabupaten Teluk Bintuni, ” ujar Adam.

Penulis: AbiEditor: Sani

Tinggalkan Pesan Anda