fbpx

Tingkatkan Pengetahuan Pengusaha, DPMPTSP Berikan Pelatihan Promosi Penanaman Modal

Timika, APN – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) menggelar pelatiha  promosi penanaman modal bagi pelaku usaha guna meningkatkan pengetahuan pengusaha agar dapat menarik investor.

Suasana Bimbingan Teknis Promosi Penanaman Modal oleh DPMPTSP di Gedung Efata, Mimika

Kegiatan yang melibatkan para pelaku usaha ini berlangsung di Graha Efata, Kamis (23/9/2021), yang dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Mimika Yulianus Sasarari .

Yulianus Sasarari Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Mimika dalam mengatakan, kegiatan promosi penanaman modal berfungsi untuk memperkenalkan alur dan proses perijinan guna mudahkan pelaku usaha menarik minat pemodal atau investor.

Investasi memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan. Adanya pembangunan, tentunya akan menentukan laju pertumbuhan ekonomi suatu daerah, yang juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Banyaknya investasi yang masuk ke suatu daerah tentunya akan membawa dampak positif, contohnya terciptanya lapangan kerja, dan peningkatan daya beli yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Yulius agar investasi Kabupaten Mimika menjadi lebih maju dan menarik, maka Pemerintah Kabupaten Mimika menyediakan wadah dalam bidang pelayanan perijinan investasi yaitu dengan membentuk DPMPTSP dengan konsep pelayanan yang sangat cepat, mudah, transparan dan terjangkau dengan adanya sistem tersebut diharapkan Kabupaten Mimika dapat menjadi salah satu daerah dengan tujuan investasi terbaik di Indonesia.

“Kabupaten Mimika merupakan daerah yang memiliki sumber daya alam berupa sektor pertambangan, pariwisata serta sektor-sektor perdagangan dan jasa yang merupakan potensi investasi yang dapat dikembangkan di Kabupaten Mimika,” katanya.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Mimika, Willem Naa mengatakan, rencana umum penanaman modal daerah Kabupaten Mimika berfungsi sebagai pedoman arah kebijakan investasi di Kabupaten Mimika yang terintegrasi dengan dokumen-dokumen perencanaan lain.

Willem melanjutkan arah kebijakan penanaman modal yang akan ditempuh oleh pemerintah Kabupaten Mimika dalam rangka mensukseskan dan mendukung pencapaian visi pembangunan Kabupaten Mimika dan modal nasional yang berkelanjutan, maka daerah harus lebih inovatif dalam mempersiapkan kegiatan-kegiatan promosi investasi baik bagi investor internasional maupun dalam negeri.

“Promosi investasi di daerah harus lebih canggih. Kita memanfaatkan berbagai kemudahan teknologi informasi yang ada karena daerah juga perlu menggunakan metode yang inovatif untuk mendukung upaya menawarkan peluang investasi yang ada, sehingga strategi khusus yang direncanakan harus matang untuk memberikan kepercayaan kepada investor maupun calon investor,” tuturnya.

Strategi promosi investasi diharapkan mampu menjabarkan jumlah jenis sektor dan lokasi suatu unit investor di Kabupaten Mimika dengan memaksimalkan dukungan kemudahan informasi teknologi dan jaringan transportasi.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menyusun strategi promosi penanaman modal yang tepat, inovatif dan informatif di Kabupaten Mimika,” ungkapnya.

Tambahnya, target pencapaian yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah tersedianya strategi promosi penanaman modal yang berkualitas, dan meningkatnya jumlah minat dan rencana investasi serta meningkatnya kualitas fasilitas promosi daerah.

Ditemui dikesempatan yang sama pemateri kegiatan Andi Dwi Riyanto mengatakan demi menarik minat investor pengusaha harus melakukan promosi dengan memanfaatkan platform digital yang saat ini sudah semakin menjamur.

“Kita saat ini di era digital jadi kalau kita diam maka kita akan mati, sehingga perlu inovasi dengan memanfaatkan media digital apa saja yang dapat dioptimalkan untuk promosi, contohnya menggunakan whatsapp atau media sosial lainnya,” ujarnya. (Aji)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: