fbpx

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Bapenda Akan Bangun Gedung Kantor Baru

Suasana presentase laporan akhir penyusunan dokumen perencanaan Gedung Kantor Bapenda Mimika, yang digelar di kantor Bappeda, Jl Cendrawasih Sp 2, Senin (9/11)

Timika, antarpapuanews.com – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dan kinerja serta operasional instansi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) akan miliki kantor baru 3 lantai.

Rencana pembangunan kantor tersebut dibahas dalam sebuah dokumen perencanaan yang telah memasuki laporan akhir. Laporan akhir tersebut disampaikan dalam kegiatan Presentase Laporan Akhir Penyusunan Dokumen Perencanaan Gedung Kantor Bapenda Mimika TA. 2020 yang dilaksanakan di gedung Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Senin (9/11).

Assiten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika Ir. Syahrial dalam rapat tersebut menyampaikan seiring bertambahnya jumlah penduduk yang berdampak pada meningkatnya pula tuntutan masyarakat terhadap pelayanan pemerintahan yang profesional menjadi alasan latar belakang pembangunan kantor tersebut.

Selain itu alasan lain pembangunan adalah untuk meningkatkan peran serta pemerintah dalam pembangunan, khususnya Bapenda maka diperlukan sarana dan prasarana yang memadai.

“Pembangunan kantor yang representatif dan tidak lagi memadainya kantor Bapenda itu berdampak pada kinerja instansi khususnya di operasional. Maka dari itu dibutuhkan pembangunan gedung baru,” ujarnya.

Lanjutnya, pembangunan bangunan kantor yang memadai diharapkan dapat menciptakan sistem atau mekanisme kinerja instansi pemerintah yang kebih optimal.

“Kalau optimal hasilnya adalah pola layanan masyarakat yang lebih efektif dan efisien,” tegasnya.

Sementara itu berdasarkan data konsultan, spesifikasi teknis bangunan berpedoman pada Peraturan Menteri PU dan Perumahan Rakyat No.22/PRT/2018 tentang pembangunan gedung negara.

Total luas lahan sekitar 7600 m2 kemudian total luas bangunan yang akan dibangun adalah 3060 m2. Kantor nantinya akan berlantai 3 dengan tambahan rooftop.

Pada lantai satu akan jadikan sebagai hall, pelayanan informasi, loket, bilik konsul pajak, ruang staff, rapat dan dapur umum serta kamar mandi.

Lantai dua akan diperuntukan sebagi lobi, ruang kepala badan, kesekretariatan, bendahara, kepala bidang, kepala seksi, staff dan rapat, serta kamar mandi. Tak jauh berbeda lantai tiga akan diisi dengan ruang kepala bidang, seksi, staff ditambah dengan arsip, dan server.

Menurut presentase akhir tersebut lantai empat akan dibangun mushala, cafetaria dan taman.

Kemudian terkait dengan total dana pembangunan, menurut perhitungan dari konsultan diperkirakan dapat menelan dana sebesar Rp. 55 miliar. (Eye)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: