fbpx

Tim Pembangunan Berkelanjutan Mimika Gelar Rapat Bahas Peran OPD dalam SDGs

Timika, APN – Tim Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) Mimika melakukan rapat internal membahas peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam kelompok kerja yang telah dibentuk, untuk menyusun program pembangunan berkelanjutan.

Suasana Rapat Tim SDGs dengan Pokja Ekonomi

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Mimika Yoseph Mangasa mengatakan kegiatan dilakukan sebagai tindak lanjut pembentukan tim pembanguanan berkelanjutan.

“Kemarin kan kita sudah bentuk tim SDGs tujuan pembangunan berkelanjutan, nah untuk menindaklanjuti tugas ini, kita ketemu empat pokja yang sudah dibentuk yakni sosial, ekonomi, lingkungan, dan hukum tata kelola,” tuturnya saat ditemui wartawan disela kegiatan yang dilaksanakan di Jalan Budi Utomo, Kamis (9/9/2021).

Lanjutnya, rapat dilaksanakan untuk mendiskusikan peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) disetiap pokja yang telah dibentuk, sehingga dapat menjalankan peran masing-masing dalam program pembangunan berkelanjutan dengan baik.

“Contohnya pokja ekonomi disitu kan tergabung ada perwakilan Pemerintah maupun non pemerintah seperti PTFI dan YPMAK, jadi kita satukan presepsi apa saja yang menjadi kewenangan setiap Pokja,” katanya.

Yoseph menyampaikan sebagai langkah awal pihaknya akan melihat indikator di dalam pedoman setiap pokja. Sehingga dapat disepakati bersama untuk ditindak lanjuti sebagai prioritas dalam penanganan kedepan.

“Produk akhir rapat ini adalah bagaimana kita melihat intervensi dari pencapaian indikator itu, dalam kegiatan di masing-masing OPD sesuai dengan perannya di setiap pokja, begitu juga non pemerintah,” ucapnya.

Setelah menyatukan presepsi pihaknya akan meminta Pokja mengisi sebuah format dokumen sesuai dengan buku petunjuk pedoman penyusunan rencana aksi program pembangunan berkelanjutan.

“Setelah kita sepakati bersama dalam forum ini, dua atau tiga minggu ke depan kita akan lihat perkembangan datanya, setelah peserta tau data apa yang perlu disiapkan, format yang diajarkan, bagaimana menyusunnya, kita akan lihat, kita akan kumpul bersama lagi untuk melihat perkembangan penyusunannya,” terangnya.

Setelah penyusunan format dokumen Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mimika akan menyusun dokumen berdasarkan data yang telah disiapkan oleh pokja tersebut.

“Data-data yang kita sudah sepakati hari ini akan disatukan dalam sebuah dokumen lengkap, sebelumnya nanti ada pertemuan dengan empat pokja lagi, untuk merumuskan draft tujuan pembangunan berkelanjutan Kabupaten Mimika,” tutupnya. (Aji)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: