Tidak Efektif, Kapokja Minta Pengawasan Juga Harus Dilakukan Pada Siang Hari - Antar Papua News -

Tidak Efektif, Kapokja Minta Pengawasan Juga Harus Dilakukan Pada Siang Hari

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kabupaten Mimika Yulius Sasarari, saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Mimika, Senin (5/10)

Timika, antarpapuanews.com – Masih banyaknya masyarakat yang enggan mengikuti Peraturan Bupati Terkait dengan protokol kesehatan membuat Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kabupaten Mimika Yulius Sasarari geram. Ia menilai Penerapan Peraturan Buapati No. 20 Thn. 2020 tidak efektif.

Sasarari menilai pengawasan dijalan terhadap aktivitas masyarakat mulai jam 9 malam, tidak efektif untuk menekan penyebaran covid-19 di Mimika.

Menurutnya besar kemungkinan pengawasan oleh petugas gabungan akan dilakukan pada siang hari, sehingga aktivitas masyarakat bisa dipantau secara jelas.

Ia mengaku dirinya telah melakukan pantauan dilapangan baik pada malam dan siang hari. Hasil dari pantauan tersebut menurutnya masih banyak masyarakat yang kurang disiplin dalam memakai masker.

“Masyarakat masih minim sekali dalam hal memakai masker, dan termasuk pemilik usaha (besar dan kecil), dimana pada jam yang telah dilarang oleh pemerintah pun, sebagian besar tempat usaha (toko kelontong) dan rumah makan masih beroperasi, ” kata Dia ketika di temui di ruang kerjanya. Senin (5/10).

Ia menghimbau, kepada semua pemilik usaha untuk sadar akan protokol kesehatan. Sehingga dapat menekan angka penyebaran juga menyelamatkan orang lain, pegawai atau keluarga.

Ia juga meminta kepada instansi terkait yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk selalu mengawasi masyarakat sementara TNI dan Polri bertugas sebagai tenaga bantuan.

“Menegakkan aturan di bagian pemerintah, tugas itu seharusnya menjadi tanggungjawab Satpol PP, sementara TNI dan Polri hanya sebagai back up saja,” tegasnya.

Kendati tidak puas terhadap penerapan aturan, Yulius tetap memberikan apresiasi terhadap penegakan aturan berupa sanksi sosial, juga kepada petugas gabungan yang sudah mengawasi masyarakat di Jalan.(Eye)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: