fbpx

Telur Mimika Melimpah, Pasarnya Kurang

Timika, APN – Produksi telur Kabupaten melimpah namun sayang pasar untuk menyerap produksi tersebut masih kurang.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, Yosefina Sampelino mengungkapkan produksi telur lokal di Timika Kabupaten Mimika terus meningkat. Bahkan per hari produksi telur peternak lokal dapat mencapai 11,3 ton.

Kendati demikian produksi telur lokal terus meningkat tersebut tidak dibarengi dengan pertumbuhan pasar untuk menampung. Dirinya berharap agar perusahaan ataupun pengusaha lokal dapat menyerapnya demi meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Ilustrasi peternakan ayam

“Daripada beli telur dari luar alangkah baiknya telur lokal yang diserap, secara kualitas telur kita juga tidak kalah kok,” tegasnya.

Ia menambahkan jumlah peternak ayam petelur juga terus meningkat, berdasarkan data pihaknya, peternak ayam petelur lokal di Mimika mencapai 200 lebih, yang terdiri dari 100 kelompok ternak ayam petelur mandiri, binaan YPMAK, YJM, dan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Kita (Disnakkeswan) hanya memberikan pembinaan dan bantuan saja kepada peternak binaan kami dan mandiri, namun sejauh ini yang mandiri, menurut saya mereka lebih berkembang,” terangnya.

Selain produksi telur yang semakin melimpah dan sulitnya keterserapan hasil produksi, Yosefina menyampaikan harga pakan (ayam) juga terus meningkat.

“Pakan memang dominan didatangkan dari luar daerah dan kita belum bisa produksi sendiri karena memang bahan sisa pertanian di Mimika tidak mendukung,” tutupnya. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: