Stok Kastip BI di Bank Mandiri Per 2 Juli Berada di Bawah 50 Persen - Antar Papua News -

Stok Kastip BI di Bank Mandiri Per 2 Juli Berada di Bawah 50 Persen

Suasana Kantor Bank Mandiri Cabang Timika, Jumat (29/7/2022). (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – Bank Mandiri Cabang Timika mencatat, stok kas titipan di Kastip BI di Kabupaten Mimika dibawah 50 persen. Yang artinya, kondisi uang yang beredar mengalami penurunan jika dibanding bulan Desember 2021 hingga Maret 2022.

Kendati demikian, hal tersebut merupakan siklus tahunan berdasarkan data yang dimiliki Bank Mandiri Cabang Timika.

Bank Mandiri Cabang Timika merupakan Bank yang dipercayai Bank Indonesia mengelola kas titipan (Kastip) dengan limit yang ditetapkan BI sebesar 250 milliar rupiah, untuk kebutuhan perbankan di Kabupaten Mimika.

Branch Manager Bank Mandiri Cabang Timika, Andhika Andar Pribadi menerangkan, meskipun pada Januari hingga awal Maret terpantau normal, kastip justru melandai atau menurun pada awal Agustus hingga dibawah 50% dari kapasitas Bank Mandiri yang dapat menampung likuiditas hingga 100%.

“Makanya kami juga Bank-bank sudah berkoordinasi supaya kita bisa cukup, tapi tidak berlebihan, kita utamakan mungkin antar Bank ini saling komunikasi jadi kalau ada uang kas lebih dan yang lain kekurangan, mereka bisa saling tukar dulu,” kata Andhika, saat ditemui di ruangannya. Selasa (2/7/2022).

Andhika mengatakan untuk kebutuhan perbankan, antar bank dapat menjalin kerja sama guna memenuhi kebutuhan ketika terjadi kekurangan uang kas.

“Itu harapan BI, jadi penggunaan kas di BI itu opsi terakhir, tapi antar bank juga bisa sebenarnya saling tarik, jadi saya dengan Bank Mandiri dengan Bank Papua itu bisa juga (misalnya), kalau Bank Papua kekurangan uang cash lalu kami kebetulan lebih, mereka bisa tarik dari kami, atau Bank lain yang kelebihan juga bisa tarik, jadi nomor satu itu dulu, kalau sudah nggak ada diantara bank bank lain baru bisa ambil ke Kastip,” terang Andhika.

Andhika menjelaskan, meskipun berada dibawah angka 50 persen dari limit maksimalnya, namun masih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Mimika.

Sementara itu, limit di kastip BI kata Andhika diperkirakan kembali normal pada Desember 2022 mendatang sesuai siklus tahunan yang biasanya terjadi.

Penulis: WahyuEditor: Aji
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: