fbpx

SMK Yapis Timika Dinobatkan Sebagai Salah Satu SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) di Papua

Timika, APN – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yapis Timika yang sudah berdiri sejak 11 tahun lalu, pada bulan Juni 2021 oleh Dirjen Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ditetapkan sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan, selain 4 SMK Negeri lain yakni SMKN 1, SMKN2, SMKN 3 di Jayapura dan SMK N 2 Timika.

Kriteria yang diterima oleh SMK Yapis adalah predikat A Unggul dalam akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Tahun 2020 lalu.

Kepala Sekolah SMK Yapis Timika, Sahaka Rumagia

Kepala Sekolah SMK Yapis Timika, Sahaka Rumagia, mengatakan nilai akreditasi A pertama diraih pada tahun 2015 dan tahun 2020 lalu juga memperoleh akreditasi A Unggul.

Lanjutnya, SMK Yapis Timika yang lebih fokus pada teknologi informasi, sehingga sudah beberapa kali telah mengirimkan Guru dan siswa – siswi untuk mengikuti perlombaan Tingkat Nasional. Bahkan, pada Oktober nanti salah satu siswa SMK Yapis Timika yang meraih juara 1 LKS Tk. Provinsi Papua Juli lalu, akan mewakili Papua ke Tingkat Nasional untuk bidang lomba Network Administration.

“Terkait SMK PK, kami mendapatkan informasi dari bidang vokasi kementerian pendidikan terkait seleksi program SMK Pusat Keunggulan itu Februari lalu, kami langsung merespon dengan cepat untuk menanggapi gagaasan tersebut, hanya dua bulan yaitu Februari dan Maret, kami berjuang keras untuk melengkapi dan memenuhi berbagai kriteria  sesuai dengan permintaan manteri pendidikan, dalam hal ini Dirjen Vokasi, untuk meraih SMK PK tersebut, sehingga SMK Yapis sudah dikenal sebagai  SMK Pusat Keunggulan,” paparnya saat ditemui APN diruang kerjanya, Selasa (24/08/2021).

Sahaka berharap dengan Status SMK Pusat Keunggulan tersebut, SMK Yapis tidak hanya dikenal di Mimika, dan Papua tetapi juga di Indonesia.

Ia menjelaskan, Sistem pembelajaran komputer di SMK Yapis Timika, dilakukan mulai dari mengenal, merakit bahkan sampai menghubungkan dengan koneksi jariangan dan berbagai kebutuhan kerja di dunia industri, semua dibekali kepada para siswa agar siap bekerja, dan berwirausaha. (BMW).

“SMK Yapis  bermitra utama dengan PT. Telkom maupun Telkom grup seperti Telekomsel dan Telkom, sehingga semua pembelajaran komputerisasi, mengarah juga apa yang menjadi tuntutan kebutuhan kurikulum Telkom nantinya,” Kata Dia.

Selain Jurusan Komputersisai, ada juga jurusan administrasi perkantoran di SMK Yapis Timika. (Anis)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: