fbpx

Setelah Dipermudah, DPMPTSP Keluarkan 300 Surat Izin

Timika, APN – Setelah dilakukan pemangkasan proses perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berhasil terbitkan 300 surat izin khusus pertokoan dalam dua bulan terakhir.

Sebelumnya terkait dengan perizinan Kepala DPMPTSP, Willem Naa menjelaskan terdapat beberapa kendala yang dihadapi yakni alur aturan yang panjang, sehingga banyak pengusaha yang mengeluh.

Kepala DPMPTSP, Willem Naa saat ditemui Wartawan di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika. (Foto: F.Aji)

“Surat izin ini kan sudah dipermudah, kemarin memang alurnya panjang, jadi pertama pemohon datang ke saya (DPMPTSP), terus ke Bappeda, Bappeda ke PTSP, PTSP ke lingkungan, lingkungan ke PTSP baru PTSP keluarkan izin,” jelasnya saat ditemui Wartawan di Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Kamis (15/4/2021) kemarin.

Namun setelah melalui pertemuan yang dilakukan oleh pihaknya bersama Wakil Bupati Mimika, maka alur pengajuan pun dipangkas khusus Perusahaan yang tidak berdampak pada lingkungan.

“Pemangkasan ini sudah kami bahas dengan Pak wabup. Pertemuan dua kali dilakukan, dan akhirnya Bappeda, Lingkungan dengan kami sepakat,” tegasnya.

Willem menjelaskan pemangkasan izin tersebut tidak berlaku bagi Perusahaan perusahaan yang berdampak lingkungan dan limbah.

“Perusahaan yang berdampak itu tetap ikut prosedur, tetapi yang namanya kontraktor, usaha mikro kecil, toko, kios, itu kita langsung dari PTSP keluarkan Surat pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL) atau Izin Lingkungan,” terangnya.

Setelah adanya kemudahan yang diberikan, Ia berharap pengusaha ataupun pemohon tidak lagi mempersalahkan pihaknya terkait lambatnya proses perizinan.

“Sejak dimudahkan sudah 250 lebih yang ajukan izin dalam dua bulan ini, yang terdiri dari Izin usaha kecil sampai kontraktor,” ucapnya.

Akibat dimudahkannya perizinan tersebut, kantor DPMPTSP juga dirubah sedemikian rupa, di mana ada penambahan beberapa meja khusus petugas pengurus perizinan dari Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup dan BPJS Ketenagakerjaan. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: