fbpx

Seluruh Peserta Ujian Kompetensi BLK Merah Putih Nawaripi Dinyatakan Lulus

Kepala Seksi Pembinaan dan Lembaga Pelatihan Kerja Disnakertrans Mimika, Yemi Gobay (kanan batik) saat menyerahkan sertifikat kompetensi pada peserta BLK Merah Putih Kampung Nawaripi Distrik Wania, yang didampingi Kepala Kampung Nawaripi Norman Ditubun, (Dua dari kanan). Sabtu (30/4/2022).(Foto: Anis/APN)

Timika, APN – Seluruh peserta Balai Latihan Kerja (BLK) Merah Putih Kampung Nawaripi, dinyatakan lulus ujian kompetensi jurusan Mebeler, Otomotir dan Mesin. Sebanyak 24 peserta mendapat sertifikat kompetensi di Halaman BLK Merah Putih Nawaripi, Distrik Wania Sabtu (30/4/2022).

Sertifikat diserahkan langsung Kepala Seksi Pembinaan dan Penataan Lembaga Pelatihan Kerja, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Mimika, Yemi Gobay didampingi Kepala Kampung Nawaripi Norman Ditubun.

Dalam kesempatan itu, Yemi memberi apresiasi atas keberhasilan 24 peserta angkatan pertama BLK Merah Putih Nawaripi. Kabupaten Mimika memiliki 12 BLK yang sudah terdaftar dan telah mendapat izin teregistrasi dari Pemkab Mimika melalui Disnakertrans Mimika.

“Tetapi yang dilihat oleh Disnakertrans, hanya BLK Merah Putih Kampung Nawaripi yang sangat kencang perkembanganya, jika dibandingkan dengan BLK yang lain,” kata Yemi.

Yemi berharap, siswa BLK Merah Putih angkatan pertama yang sudah menyelesaikan pendidikan kurang lebih 4 bulan ini ke depannya dapat menciptakan lapangan pekerjaan atau usaha sendiri.

Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun mengatakan, awalnya jumlah peserta BLK Merah Putih, angkatan pertama berjumlah 60 orang. Namun dalam perjalanan, tersisa 24 orang yang bisa menyelesaikan pelatihan dan mengikuti ujian kompetensi. Mereka lah yang kemudian mendapatkan sertifikat kompetensi.

“Semua peserta ini rata-rata anak putus sekolah dan sebagian besarnya sudah berkeluarga. dan pekerjaan mereka setiap hari sebagai petani dan nelayan. Tapi dengan modal semangat dan niat yang tulus sehingga 24 orang ini bisa menyelesaikan dengan baik,” ungkap Norman.

Norman menambahkan, setelah gelombang pertama, BLK Merah Putih Nawaripi sudah membuka untuk gelombang kedua. Dimana peserta gelombang kedua sudah mendaftar kurang lebih 50 orang.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Mimika dan Mitra kerja BLK Merah Putih Kampung Nawaripi yang telah berhasil membuat 24 peserta ini lulus ujian,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Amamapare Mimika, Herman Dumatubun, mengungkapkan, pihaknya hadir di BLK Merah Putih Kampung Nawaripi adalah sebagai mitra kerja dari Pemerintah Kampung Nawaripi.

“Kami, Politeknik Amapare diminta untuk menyiapkan infrastruktur untuk melatih para peserta BLK Merah Putih,” katanya.

Sedangkan, Kepala Seksi Organisai Kampung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika, Ever Kukuareyau mengatakan, Kampung Nawaripi telah menjalankan amanat Dana Desa.

“Tujuan penggunaan Dana Desa (DD) sendiri adalah bagaimana pemerintah Kampung melaksanakan pembangunan di kampung, selain itu pembangunan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM). Kampung Nawaripi telah menjalankan amanat tersebut dengan membuka Balai Latihan Kerja (BLK) Merah Putih Kampung Nawaripi. Semoga Kampung Nawaripi menjadi kampung percontohan bagi kampung – kampung  yang lain dalam melaksanaka Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” pungkasnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: