fbpx

Sejumlah Event Nasional Akan Dihelat Di Timika

Sekertaris KONI Kabupaten Mimika, Cessar Avianto Tunya

Timika, APN – Kabupaten Mimika memiliki sejumlah venue olahraga bertaraf internasional. Usai pelaksanaan pesta olahraga nasional ke-XX 2021 lalu, sejumlah fasilitas olahraga tersebut kedepannya akan digunakan untuk pelaksanaan event-event nasional.

Fasilitas Olahraga bertaraf internasional tersebut diantaranya adalah Futsal, Panjat Tebing, Aeromodelling dan Venue Billiard. Sementara venue lainnya yang berada di kawasan Mimika Sport Complex (MSC) terdiri dari Venue Basket, Atletik dan Wisma Atlet.

Sekertaris KONI Kabupaten Mimika, Cessar Avianto Tunya kepada awak media, Rabu (23/02/2022) menerangkan, event-event nasional yang nantinya akan dilaksanakan sebagai pemanfaatan venue-venue tersebut sebagian masih dalam perencanaan dan sebagian akan segera dilaksanakan.

“Untuk kesiapan selanjutnya tahun untuk pemeliharaan, pemerintah daerah sudah siapkan anggarannya. Nanti lebih jelasnya coba cek di Dinas Olahraga, jadi untuk pemeliharaan dan lain-lain sudah ada anggarannya. Jadi kita bersyukur kepada kebijakan bapak bupati untuk tetap melakukan pemeliharaan dan pemanfaatan (Fasilitas Olahraga) berkesinambungan,” kata Cessar.

Salah satu event yang digelar beberapa waktu lalu adalah Festival Basket untuk kejuaraan Asia dengan menggunakan Venue Basket. Cesar juga mengatakan, kedepannya akan dilaksanakan Pelatnas antar usia.

“Rencana ada Pelatnas usia 18 tahun dilakukan di Timika sini, jadi tim Pelatnas dari jakarta yang sudah terseleksi akan gabung disini, nanti kita tambah dengan beberapa pemain Papua. Itu pesan dari ketua umum Perbasi, nanti disini akan diseleksi. Mudah-mudahan ada pebasket-pebasket Papua juga yang masuk di usia 18 tahun,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya perhelatan tersebut, pemanfaatan Venue Basket dapat dijalankan.

Sementara itu untuk Atletik, PASI Indonesia berencana akan bekerja sama dengan PT Freepoort Indonesia untuk melakukan Pelatnas PASI guna menyeleksi atlet-atlet asal Indonesia Timur khususnya Mimika, Papua.

Selain itu, event-event lainnya seperti Futsal dan Panjat Tebing kini masih dalam tahap persiapan.

Cessar berharap, kedepannya para atlet bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti TC untuk futsal, dan terus dilakukan pembinaan terhadap atlet-atlet panjat tebing.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: