fbpx

Satresnarkoba Polres Mimika Daftarkan Kasus Peredaran Narkoba di Tembagapura ke Kejari Timika

Para pelaku yang diamankan polisi beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

Timika, APN – Satuan Resnarkoba Polres Mimika melaksanakan tahap 1 atau pendaftaran perkara kepada Kejaksaan Negeri Timika pada kasus peredaran narkoba jenis Sabu di Tembagapura dengan tersangka 3 karyawan, Selasa (31/5/2022).

Kepala Satuan Reserse Narkoba, AKP Mansur mengatakan, tahap I tersebut diterima Staf Kejaksaan Negeri Mimika.

“Ketiga pelaku masih ditahan di rutan Polres Mimika sambil menunggu hasil Penelitian Berkas Perkara apabila sidah dinyatakan lengkap atau P21 oleh JPU,” kata Mansur kepada APN, Selasa (31/5/2022).

Lanjutnya, untuk rencana tahap II akan segera dilakukan.

Sebelumnya, penyidik Satuan Reserse Narkoba Polres Mimika berhasil membekuk 3 pria kontraktor di Perusahaan besar di Timika yang bekerja di PT Freeport, Distrik Tembagapura.

Salah satunya inisial BMH alias Boy (46) kontraktor di PT R yang diamankan pada Rabu, 13 April 2022 sekira pukul 20.00 Wit Ridgcam mile 72.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Mimika, AKP Mansur mengatakan, terdapat informasi bahwa di barak Ridge Camp Mile 72 ada karyawan yang memperjualbelikan narkotika jenis sabu.

Sehingga saksi dari anggota Polri dan Security PT. Freeport langsung menuju lokasi melakukan pemeriksaan.

“Saksi mendapati bahwa Boy serta barang bukti 1 plastik klip yang berisi butiran kristal diduga narkotika jenis sabu,” kata Mansur, Senin (19/4/2022).

“Pelaku akan dijerat Pasal Pasal 114 ayat (1), Pasal 112 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan hukuman 5 sampai 20 tahun penjara atau seumur hidup,” tegas Mansur.

Untuk barang bukti yang diamankan berupa plastik klip yang berisi butiran kristal diduga narkotika jenis sabu, 1 buah Handphone, 13 pipet warna putih, 5 sendok takar terbuat dari pipet putih, 16 korek api, 1 buah kaca pirex dan satu botol air mineral ukuran 330 Ml.

Sedangkan 2 lainnya Inisial HM alias Ongko (43) kontraktor di PT RP diamankan di Barak Q dan inisial AM alias Aris (27) kontraktor di PT SI diamankan di Barak Y pada Kamis, 14 April 2022.

Kata Mansur, kasus ini terungkap berdasarkan informasi yang diterima bahwa terjadi tindak pidana narkotika dilakukan karyawan di barak Ridge Camp Tembagapura.

“Tim bergerak melakukan penangkapan, dari tangan pelaku Ongko didapatkan 1 plastik klip bening berisi serbuk kristal diduga narkotika jenis sabu siap diperjualbelikan,” ungkap Mansur.

Lanjutnya, dari hasil interogasi sabu tersebut didapatkan dari barak Y yakni pelaku Aris.

“Kedua pelaku akan dijerat Pasal 114 ayat (1), Pasal 112 ayat (1) dan pasal 127 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika,” jelas Mansur.

Untuk barang bukti yang diamankan berupa plastik klip bening berisi serbuk kristal diduga narkotika jenis sabu, 1 lembar kertas kuning, 2 buah Handphone, dan 1 buah timbangan digital warna silver.

Writer: AbiEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: