fbpx
Berita  

Satpol Terus Sosialiasikan Agar Pedagang Tidak Berjualan di Atas Trotoar Jalan

Plt Kepala Seksi Operasi Pengendalian Dinas Satpol PP Kabupaten Mimika, Antonius Lesomar. (Foto: Aji/APN) 

Timika, APN – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terus melakukan sosialisasi kepada pedagang agar tidak berjualan di atas trotoar.

Plt Kepala Seksi Operasi Pengendalian Dinas Satpol PP Kabupaten Mimika, Antonius Lesomar mengatakan ia dan tim turun di dua jalan yakni Yos Sudarso dan Bougenville.

“Kesadaran masyarakat (pedagang) masih sangat rendah, jadi tidak perlu kita sebut yang di trotoar, kadang juga yang punya kios itu melanggar, seumpama Izin nya (IMB) sampai batas tertentu, tapi mereka sambung akhirnya dekat dengan trotoar padahal batas kan 2 meter dari trotoar itu, mereka ini kan mengerti dan masih melanggar,” ujarnya saat ditemui wartawan, Jumat (24/6/2022).

Antonius menyampaikan setiap bulan pihaknya hampir tiga sampai empat kali melakukan sosialisasi tersebut.

“Kami (bagian pengendalian) intinya sudah melakukan sesuai dengan SOP nah untuk penindakan ada bagian penyidik dan penindakan,” katanya.

Menurut Antonius masalah pedagang kaki lima sebenarnya bukan hanya tugas Satpol PP namun seluruh pihak terkait lain.

“PKL ini memang tugas Satpol tetapi ada Dinas lain yang harus lihat juga contoh distrik dan kelurahan, kita harus kolaborasi,” ucapnya.

Antonius mengaku Satpol PP dalam melakukan tugas selalu mengutamakan cara persuasif sehingga tidak menimbulkan gesekan dengan masyarakat.

“Kalau penindakan pernah, ada beberapa lapak pinang di dekat pasar SP2 itu, kita sudah pindahkan kedalam, kemudian sebagian belum karena ada masalah soal tanah,” tutupnya.

Writer: AjiEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: