Samsat Timika Bebaskan Denda Pajak Kendaraan - Antar Papua News -
Berita  

Samsat Timika Bebaskan Denda Pajak Kendaraan

Logo Samsat Timika. (Foto: Ilustrasi) 

Timika, APN – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Timika berlakukan pembebasan biaya denda pajak kendaraan baik motor maupun mobil, termasuk juga biaya l Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB).

Hal ini dikatakan pihak Satlantas Polres Mimika melalui KBO Lantas, Iptu I Made Kumpul.

“Semasa covid-19 ini, setiap tahun ada penghapusan biaya denda kendaraan yang tidak bayar denda pajak selama 5 tahun ke belakang. Khusus tahun Ini (2022) mulai berlakunya mulai 1 Agustus hingga 31 Oktober 2022,” kata KBO Lantas Polres Mimika, Senin (1/8/2022), saat ditemui di Mako Polres Mimika Jalan Agimuga mile 32.

Hal ini juga berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Papua nomor 188.4/282/2022 tentang Pembebasan atau Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak dan Sanksi Administrasi BBN-KB serta Pembebasan atau Pengurusan BBN kedua.

“Jadi dalam hal ini seluruh pajak yang terutang dihitung, namun denda dihapuskan dan tidak dipungut biaya alias gratis,” ujarnya.

Kendati denda pajak dihapus kepengurusan STNK plus BPKB yang baru masih dikenakan biaya. Hanya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN) kedua yang sama sekali tidak dipungut biaya, bahkan apabila ada denda maka akan dihapuskan.

“Untuk kenderaan yang menunggak bayar pajak selama 5 tahun, maka denda tidak perlu dibayar, cukup hanya membayar biaya pokok kenderaan. Seluruh denda dihapuskan berdasarkan SK Gubernur itu tapi setiap masing-masing daerah beda-beda, ini hanya berlaku untuk provinsi Papua,” tutup Iptu I Made Kumpul.

Penulis: AbiEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: