fbpx
Berita  

Sambut Kapolres Baru, Jajaran Polres Mimika Gelar Upacara Pedang Pora

Kapolres Mimika yang baru, AKBP I Gede Putra saat mengalungkan bunga kepada mantan Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gede Era Adhinata pada momen Payung Pedang Pora, di Mako Polres Mimika, Mile 32. Jum'at (20/5/2022). (Foto: Wahyu/APN).

Timika, APN – Polres Mimika menggelar upacara pedang pora untuk penyambutan Kapolres Mimika yang baru, AKBP I Gede Putra sekaligus pelepasan Kapolres Mimika yang lama, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata di Mako Polres Mimika, Mile 32, Jl. Agimuga, Distrik Koala Kencana, Mimika, Papua, Jum’at (20/5/2022).

Tradisi pedang pora adalah tradisi yang digunakan oleh institusi sebagai bentuk penyambutan ataupun perpisahan kepada anggota Polri maupun TNI, baik yang akan melaksanakan tugas maupun yang mengakhiri pengabdiannya.

Upacara tersebut dihadiri Wakapolres Mimika, Kompol Praja Wiratama, kepala-kepala satuan Polres Mimika, jajaran Kapolsek serta personel Polres Mimika.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra dalam sambutan perdananya saat apel anggota menyampaikan rasa kagumnya terhadap mantan Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata yang kini menjaban sebagai Wadirreskrimsus Polda Papua itu. Hal tersebut diutarakan I Gede Putra lantaran banyaknya apresiasi yang diperoleh Polres Mimika selama dipimpin AKBP Era.

“Beliau bapak Wadirreskrimsus selama menjabat sudah menanamkan pondasi yang sangat kuat dalam melaksanakan tugas-tugas kita. Ini terbukti dari banyaknya apresiasi yang diberikan kepada Polres Mimika karena saya sendiri mendengar pada saat kami masih di Polda, banyak sekali pujian positif yang diberikan kepada Polres Mimika,” kata Kapolres Putra.

Diakuinya, hal tersebut bakal menjadi tantangan ke depannya dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang juga diharapkannya dapat dipertahankan sekaligus ditingkatkan. Ia juga meminta kerja sama serta dukungan seluruh pihak agar mewujudkan hal tersebut.

“Ini tantangan kita ke depan, paling tidak masih bisa dipertahankan dan syukur-syukur bisa kita tingkatkan. Sekali lagi saya mohon dukungan, mohon kerja samanya. Kita bisa kalau kita kompak, bersama kita bisa, bersatu kita maju,” tutup I Gede.

Pada kesempatan yang sama, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata yang bakal meninggalkan Polres Mimika dalam melaksanakan tugas barunya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran Polres Mimika beserta warga masyarakat Kabupaten Mimika.

Ia juga menyampaikan terima kasih serta apresiasinya kepada seluruh jajaran pejabat, perwira beserta Polsek-polsek jajaran Polres Mimika yang sudah berperan aktif dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah tugasnya (Kabupaten Mimika) yang aman dan damai.

“Hal ini tentunya kita bisa lihat ada perubahan, ada kemajuan terhadap bagaimana melayani masyarakat di tanah Mimika. Pengalaman-pengalaman positif agar dipertahankan terutama dalam melakukan managemen operasional kepolisian,” jelas AKBP Era dalam sambutan terakhirnya pada apel satuan.

“Saya tutup masyarakat Timika agar tetap dapat dilayani dengan baik tanpa mengenal suku, mengenal agama. Siapapun yang membutuh bantuan kita, segera direspon sesuai kemampuan kita,” sambungnya.

Sementara itu, upacara pedang pora kemudian ditutup dengan pengantaran mantan Kapolres Mimika yang kini menjabat sebagai Wadirreskrimsus menuju gerbang keluar Mako Polres Mimika oleh seluruh jajaran Polres Mimika beserta bhayangkari yang juga diwarnai dengan rasa sedih dan haru.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: