fbpx

Sambangi Mimika, Dirjen Otda, Cek Kesiapan PON XX

Timika, APN – Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan kunjungan ke Kabupaten Mimika guna melihat dan memastikan kesiapan Mimika dalam menyelenggarakan event PON XX yang menurut rencana digelar pada Oktober mendatang.

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik mengatakan selain meninjau kesiapan venue, kunjungan juga dilakukan untuk melihat kesiapan Mimika menyambut rencana kunjungan Menteri Dalam Negeri yang akan meninjau venue PON XX.

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik bersama dengan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, saat ditemui Wartawan di Rimba Papua Hotel, Minggu (28/3/2021) malam.

“Kesuksesan PON ini kan menjadi tanggung jawab bersama termasuk Kemendagri,” ujarnya saat ditemui Wartawan di Rimba Papua Hotel, Minggu (28/3/2021) malam.

Lanjutnya, kunjungan yang dilakukan juga untuk memastikan tata kelola PON XX di Mimika.

“Jadi kita indentifikasi apa yang kurang dan belum jelas, maka harus diperjelas, kami (Kemendagri) juga menyarankan kepada pak Bupati juga agar mengundang semua pihak (Pusat, Provinsi, Kabupaten) terkait untuk memperjelas siapa melakukan apa, dan siapa bertanggungjawab terhadap apa,” jelasnya.

Ia menambahkan, pertemuan yang dilakukan oleh pihaknya dengan Bupati Mimika, dan beberapa pejabat lain tersebut akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri.

“Setelah ini saya akan melapor ke pak Menteri, karena rencananya beliau akan melakukan peninjauan minggu depan,” jelasnya.

Akmal membantah jika kunjungan yang dilakukannya terkait dengan rencana Pemekaran Provinsi Papua Tengah dan Otonomi Khusus.

“Kita fokus membahas kesuksean PON XX, soal Otsus itu agendanya DPR RI, kemudian untuk pemekaran itu masih jauhlah, soalnya menunggu revisi Undang-undang Otsus,” pungkasnya. (Aji-Cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: