fbpx

Rencana Pembangunan Pasar Wisata Kelautan dan Budi Daya Ikan Air Tawar Tunggu APBD 2021

Timika, APN – Dinas Perikanan Kabupaten Mimika berencana membangun pasar wisata kukiner kelautan yang berlokasi di dekat Wisata Hutan Mangrove, kendati demikian pembangunan tersebut masih menunggu DPA dari APBD 2021.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mimika, Leentje Siwabessy mengatakan rencana pembangunan pasar wisata kuliner tersebut merupakan kerjasama yang dilakukan pihaknya dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga.

Foto: Fachruddin Aji (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mimika, Leentje Siwabessy)

Jadi kita mau mempromosikan wisata kuliner sektor perikanan, jadi di dalamnya ada olahan udang, kepiting, ikan air tawar dan laut juga produk sebelum olahnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, rencana pembangunan ini merupakan ide yang sejak tahun lalu sudah diusulkan tetapi belum diakomodir.

Nantinya yang mengelola pihak ketiga sesuai dengan aturan dari kami (Dinas Kelautan dan Perikanan,” jelasnya.

Selain wisata kuliner, kata Leentje pihaknya juga berencana akan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk membuka pasar khusus budi daya ikan air tawar.

Khusus yang pasar ikan budi daya air tawar, jadi kita akan bikin akuarium, isinya ikan budi daya itu, masyarakat nantinya tinggal datang saja untuk membeli,” jelasnya.

Ia berharap adanya program yang direncanakan dapat membantu pemasaran produk perikanan dan olahannya, serta menunjang promosi produk tersebut pada saat pelaksanaan PON XX dan Pesparawi mendatang.

Kendati demikian, dua rencana pembangunan tersebut masih harus menunggu APBD 2021.

Jadi pembangunn ini menyesuaikan dengan anggaran, nanti kita lihat seperti apa,” pungkasnya. (Aji-Cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: