Ratusan Personel TNI – Polri Disiagakan untuk Amankan Kirab Api PON XX di Mimika - Antar Papua News -
Umum  

Ratusan Personel TNI – Polri Disiagakan untuk Amankan Kirab Api PON XX di Mimika

Timika, APN – Ratusan aparat keamanan TNI-Polri di Mimika yang juga didukung Brimob Nusantara mengamankan pelaksanaan kirab api PON XX Papua di Klaster Mimika, pada Selasa (28/9/2021).

Seorang prajurit TNI AD saat melakukan pengawalan terhadap atlet pembawa api PON XX di Mimika. (Foto: Mayer Sarioa/Humas PPM)

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK melalui Ps Kasubag Humas Polres Mimika, Ipda Hempi Ona mengatakan, pelaksanaan PON XX Papua tahun 2021 merupakan agenda Nasional yang wajib diamankan.

“Dengan pelaksanaan PON XX dan kirab api PON ini, maka sudah tentu kita memberikan jaminan keamanan. Dengan harapan PON dapat berjalan dengan sukses,” katanya.

Hempi melanjutkan, untuk pelaksanaan kirab api PON pihaknya menerjunkan ratusan personel keamanan gabungan TNI-Polri.

“Semua (Aparat gabungan) yang terlibat pengamanan, sudah kita ploting di setiap titik rute yang dilewati pasukan kirab api PON. Mulai dari UPBU Mozes Kilangin, sepanjang jalan-jalan utama, Pendopo Negara, Kuala Kencana, Venue-venue sampai dengan lapangan Pasar lama,” jelas Ipda Hempi Ona.

Hempi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mimika untuk tetap mendukung aparat keamanan dalam menjaga kamtibmas selama pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2021 hingga seterusnya.

“Kami berterima kasih karena masyarakat cukup mendukung kami keamanan, untuk sama-sama kita ciptakan rasa aman di Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Senada Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya mengatakan personel sudah ditempatkan di setiap titik yang sudah ditentukan untuk melakukan  pengamanan. Ia meyakini personel yang ditempatkan bisa memberikan dukungan bagi panitia penyelenggara terutama berkaitan dengan protokol kesehatan.

Dandim juga menambahkan, selama pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2021 khususnya Klaster Mimika situasi kamtibmas sendiri sangat aman dan kondusif.

“Keamanan pasti terjamin, karena keamanan kan tanggung jawab kita semua, bukan hanya aparat. Ini hajatan kita bersama, jadi kita berikan yang terbaik,”tegas Letkol Yoga Cahya.

Perlu diketahui, api PON XX Papua Tahun 2021 dibawa dari Kabupaten Biak menuju Kabupaten Mimika dengan menumpangi pesawat Trigana Air ATR 42/PK-YSP.

Saat tiba di UPBU Mozes Kilangin, api PON XX Papua kemudian dibawa ke Rumah Negara oleh pasukan kirab api PON dengan pengawalan aparat gabungan TNI-Polri. Setelah tiba di Rumah Negara, langsung dilakukan prosesi upacara penyambutan yang dipimpin langsung oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

Selanjutnya, api PON XX Papua Tahun 2021 langsung dibawa ke beberapa venue, dan berakhir di lapangan Pasar Swadaya (Eks Pasar lama). (Aji/Anis/***)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: