Ratusan Pelajar Ikuti FOP Perdana di Mimika

Salah satu Peserta saat memperagakan jurus pencak silatnya, Senin (28/11/2022). (Foto : Anis/APN) 

Timika, APN – Ratusan pelajar tingkat SD hingga SMA/SMK mengikuti Festival Olahraga Pendidikan (FOP) yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Dinas Ikatan Guru Olahraga Nasional ( Igornas) Provinsi Papua yang diprakasai Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika.

FOP yang mempertandingkan dua cabor yaitu taekwondo dan pencak silat tersebut dibuka di Venue Futsal Mimika, Senin (28/11/2022).

Kepala sub bidang pembinaan olahraga pendidikan dasar Kemenpora RI Rika Aninggar dalam sambutannya mengatakan, FOP diadakan di 34 provinsi. Pemerintah pusat melalui Kemenpora memberikan stimulus, agar Pemerintah Provinsi, melalui Igornas bekerja sama dengan Dispora bisa mengajak anak – anak menyukai olahraga.

Dijelaskanya Rika, FOP ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali digelar, dan rencana akan terus berlanjut, namun akan dievaluasi lagi, dengan melihat kesiapan daerah masing – masing.

“Sesuai dengan amanah dosen besar olaraga nasional, yang memiliki visi generasi yang unggul dan berprestasi, maka kita memulai serangkaian kegiatan salah satunya FOP ini,” ujarnya.

Lanjut Rika, FOP ini memiliki tujuan akhir yaitu tercapai kebugaran masyarakat terutama pelajar, Sebab, untuk menyiapkan generasi emas, harus dimulai dari pelajar, agar tercipta generasi sehat, bugar dan aktif.

“Maka dengan kegiatan ini, kita memperkenalkan kepada mereka untuk menyukai olahraga, serta memupuk beberapa karakter, karena olahraga juga tidak hanya untuk fisik tetapi juga untuk membina karakter dan pelajar yang mengikuti FOP, akan diberikan medali dan juga sertifikat ,” ucapnya.

Dikatakan Rika, sebelum FOP digelar di Mimika, kegiatan yang sama sudah digelar di Sorong Papua Barat, dan rencananya akan berlangsung terus dan akan menjadi program kerja ditahun berikutnya.

Sementara itu Ketua Igornas Provinsi Papua Suwandi, menjelaskan peserta untuk Pencak Silat berjumlah 50 orang, sedangkan Taekwondo pesertanya kurang lebih 150 orang. Dengan begitu atlet yang mengikuti FOP wajib membawa nama sekolah, bukan nama perguruan.

“Kegiatan ini adalah kegiatan turunan dari Kemenpora yang diberikan mandat kepada Igornas Provinsi Papua, dalam hal ini kami selaku pengurus Igornas yang berkedudukan di Mimika,” jelasnya.

Suwandi mengatakan, hasil dari kegiatan FOP akan dievaluasi lagi oleh Kemendagri, untuk dilihat kembali apakah baik untuk dilanjutkan kegiatan yang sama ditahun yang akan datang, sebab FOP inilah awalnya digagas oleh Igornas.

“Kegiatan ini melibatkan 38 Kabupaten kota, tetapi mereka tidak bersedia hadir, karena saat ini sedang berlangsung ujian semester dan kendala akomodasi juga transportasi, kami panitia tidak bisa membackup, maka dari itu kami panitia menyediakan atlet dari Mimika untuk menyukseskan kegiatan ini ,” pungkasnya.

Penulis: AnisEditor: Sani

Tinggalkan Pesan Anda