fbpx

Puskesmas Timika Jaya Gelar Bulan Vitamin A dan Pemberian Obat Cacing Perdana Tahun 2021

Timika, APN – Puskesmas Timika Jaya menggelar pencanangan bulan vitamin A dan Obat cacing perdana di wilayah Distrik Mimika Baru, Kelurahan Wanagon.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan ditengah-tengah pandemi covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) coba mengintegrasikan pelayanan kesehatan, terutama bayi dan balita yang terintegrasi (tergabung) yaitu penimbangan, pengukuran tumbuh kembang anak, pemberian kapsul vitamin A, dan obat cacing.

Bisasanya terpisah, tetapi tahun ini digabung menjadi satu, atau dipadukan,” ujarnya dalam sambutannya dalam kegiatan pencangan bulan vitamin A dan Obat cacing di kelurahan Wanagon Wilayah kerja Puskesmas Timika Jaya Distrik Mimika Baru pada Sabtu, (6/2).

Reynold melanjutkan menurut rencana nantinya pelaksanaan program pelayanan terpadu bagi bayi, balita dan anak usia 0-59 bulan akan dilaksanakan pada Februari dan Agustus 2021, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pada kesempatan yang sama Ketua PKK Kabupaten Mimika Ny. Pere Omaleng yang diwakili oleh Wakil Ketua PKK Kabupaten Mimika Ny. Suzy Herawaty Rettob, mengatakan kegiatan pencanangan bulan vitamin A dan obat cacing, yang diselenggarakan di Kelurahan Wanagon merupakan kerjasama antara Dinkes Kabupaten Mimika dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Mimika.

Upaya perbaikan gizi masyarakat diamanatkan dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perseorangan dan masyarakat, antara lain melalui pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku kadar gizi, peningkatan akses, dan mutu pelayanan gizi serta kesehatan sesuai ilmu dan teknologi,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, kapsul vitamin A, akan diberikan setiap bulan Februari dan Agustus, pada bayi umur 6 sampai 11 bulan dengan mendapatkan kapsul vitamin A warna biru, dan pada balita dari umur 12 sampai 59 bulan dengan mendapatkan kapsul vitamin A warna merah.

Secara Nasional kata Suzy bulan Februari dan Agustus telah ditetapkan sebagai bulan pemberian vitamin A bagi balita, vitamin A sendiri sangat diperlukan oleh tubuh, untuk kesehatan masa, jadi anak-anak kecil diberikan vitamin A sejak dini. (Anis-cr02)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: