fbpx
Uncategorized  

Puskesmas Pasar Sentral Kembali Giatkan Posyandu, Tingkatkan Program Imunisasi dan Gizi

Timika, antarpapuanews.com – Puskesmas Pasar Sentral, Kelurahan Pasar Sentral, Distrik Mimika Baru kembali menggiatkan posyandu yang sempat tidak berjalan dengan baik beberapa bulan terakhir lantaran pandemi covid-19.

Yunita Lusia Dumatubun, petugas program gizi, Puskesmas Pasar Sentral di ruang kerjanya, Selasa (6/10) mengatakan selama beberapa bulan lalu, posyandu dipusatkan di puskesmas. Meski biasanya posyandu dilaksanakan di beberapa tempat namun kali ini jarang dilakukan.

“Bulan-bulan kemarin, pelayanan posyandu di puskesmas, ada tenda khusus untuk pelayanan posyandu, jadi bayi balita yang dapat imunasi, vitamin A, kami berikan di puskesmas,” tutur Yunita.

Lebih lanjut kata Yunita, Puskesmas Pasar Sentral pada Oktober ini mulai menggiatkan posyandu dengan memberikan pelayanan di tempat-tempat yang sudah disediakan seperti sebelum pandemi covid-19. Pelayanan dibuka mulai 1–19 Oktober 2020.

Selama pelaksanaan posyandu, diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan termasuk bagi warga seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Yunita bersyukur sebab tidak ada kasus kurang gizi maupun gizi buruk di wilayah pelayanan Puskesmas Pasar Sentral. Meski demikian masih didapati balita yang berat badannya menurun biasanya akibat sakit.

“Harapan kami kepada Ibu-ibu, agar memperhatikan atau menjaga, dalam hal ini berupa pola makan yang baik dan teratur, perhatikan anak pada pemberian makanan, harus cuci tangan sebelum makan dan makanan yang bergizi,” harapnya.

Sementara itu, penanggungjawab program imunisasi Puskesmas Pasar Sentral, Sara Banna mengakui imunisasi pada masa pandemi covid-19 relatif menurun akibat orang tua takut membawa anak mereka ke posyandu.

“Selama masa pandemi covid-19 ini, kami memberikan pelayanan di puskesmas tetapi ada yang datang untuk menerima pelayanan dan ada yang tidak mau datang karena takut,” tuturnya.

Namun Sara berharap agar orang tua berani untuk membawa anak-anak mereka ke posyandu terdekat yang mulai digiatkan oleh Puskemas Pasar Sentral guna mendapat imunisasi dasar lengkap.(Aniz)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: