PTFI Teken Kerjasama Penanganan Insiden dan Keadaan Darurat dengan Basarnas Mimika – Antar Papua News -
Berita  

PTFI Teken Kerjasama Penanganan Insiden dan Keadaan Darurat dengan Basarnas Mimika

Kepala Basarnas Mimika George LM Randang bersama dengan Wakil Presiden Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja PTFI Eman Widijanto usai menandatangani MoU Penanganan Insiden dan Keadaan Darurat disaksikan Wabup Mimika Johannes Rettob, Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Laksda TNI Ribut Eko Suyatno, serta VP Govrel PTFI, Johnny Lingga di Rimba Papua Hotel, Mimika, Selasa (23/8/2022). (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – PT Freeeport Indonesia (PTFI) menandatangani kerjasama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) Kabupaten Mimika dalam hal melakukan respon insiden (bencana alam) dan keadaan darurat yang terjadi di dalam maupun di luar wilayah PTFI. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Rimba Papua, Mimika, Selasa, (23/8/2022).

Wakil Presiden Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja PTFI Eman Widijanto menyebutkan tujuan dilakukannya kesepakatan kerjasama adalah untuk saling memberi bantuan antara bagian Emergency Preparedness and Response (EP&P) PTFI dengan Basarnas Mimika melintasi batas-batas yuridiksi dalam merespon insiden atau keadaan darurat.

Eman melanjutkan kerjasama yang dilakukan berbentuk tukar ilmu, kesiapsiagaan, pelaksanaan pelatihan gabungan, sistem komando insiden, kesiapsiagaan, komunikasi, pengelolaan informasi dan pengelolaan sumber daya.

“Minimum setahun sekali ada latihan gabungan pada Maret dan itu tertulis (dalam MoU). Jadi dalam sekali setahun itu kita latihan gabungan bersama, bertukar ilmu bersama. Kemarin juga ada pelatihan bersama, akan ada juga pelatihan bersama penyelam profesional untuk bidang industri, yang kami miliki sekarang (sertifikasi penyelam) itu bidang rekreasi,” paparnya.

Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Laksamana Muda (Laksda) TNI Ribut Eko Suyatno mengucapkan terima kasih kepada PTFI yang telah mendukung Basarnas Mimika. Ia juga berharap sinergitas yang telah terjalin melalui kerjasama (MoU) bisa terus berkembang dan lebih solid.

“Sinergitas mungkin mudah kalau dilihat, tetapi kalau dilakukan itu sulit, kalau kita menonjolkan ego,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob memberikan apresiasi kepada PTFI yang berkomitmen untuk memberikan dukungan kerjasama bersama dengan Basarnas Mimika.

Penulis: AjiEditor: Sani
%d blogger menyukai ini: