fbpx

PTFI Resmikan Kantor Baru Koperasi Amungme Gold

oto bersama VP PTFI bersama dengan Kepala Dinas Perkebunan Mimika, di di halaman Rumah Kopi Amungme Gold, yang baru diresmikan, Senin (14/3/2022)/Aji.

Timika, APN – PT Freeport Indonesia (PTFI) meresmikan kantor baru Koperasi Amungme Gold yang terletak di Jalan Budi Utomo, samping RS Medika Candra, Mimika, Papua, Senin (14/3/2022). Kegiatan tersebut dirangkai dalam prosesi ibadah syukur.

Kantor Koperasi Amungme Gold dipindahkan sebab sejak didirikan, lokasi kantor dan operasional yang memproduksi kopi tersebut, menempati bangunan dalam areal operasi PT Freeport Indonesia di area Base Camp, yang terkendala dalam pengembangan kegiatan Koperasi, akses umum yang sangat terbatas dan lokasi yang tidak dapat dikembangkan untuk pengembangan usaha.

PT Freeport Indonesia pun menfasilitasi pembangunan gedung baru bagi Koperasi Amungme Gold yang berlokasi di Timika untuk digunakan sebagai kantor dan tempat operasional produksi kopi Amungme Gold sekaligus lokasi yang memungkinkan dilakukan pengembangan usaha menuju kemandirian dan keberlanjutan. Sekaligus membuka peluang Koperasi Amungme Gold bermitra dengan berbagai pihak dalam pengembangan kopi, program koperasi dan usaha lainnya.

Pembangunan gedung baru KAG telah selesai dilakukan pada tahun 2021 dan setelah melalui tahapan persiapan fasilitas dan relokasi, pasa tanggal 14 Maret 2022 secara resmi akan ditempati setelah dilakukan Ibadah syukur, gedung baru KAG ini dinamakan Rumah Kopi.

Ketua Koperasi Amungme Gold Jeremias Egatmang dalam sambutannya pada kegiatan ibadah syukur mengucapkan terima kasih kepada PTFI, Pemerintah Kabupaten Mimika, dan setiap pihak yang telah memberikan dukungan dalam proses pengembangan maupun perpindahan kantor koperasi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PTFI yang telah memberikan pendampingan kepada kami (masyarakat asli petani kopi) mulai dari berkebun, hingga berdirinya Koperasi Amungme Gold yang berada di Base Camp dan akhirnya pindah ke kantor Timika Indah, sehingga bisa melaksanakan ibadah syukur,” terangnya.

Jeremias berharap dukungan bisa terus diberikan kepada Koperasi sehingga kedepannya dapat berkembang lebih baik lagi.

Selanjutnta Kepala Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika Alice I Wanma mengatakan kopi merupakan salah satu komoditi perkebynan unggulan di Mimika, salah satu yang terkenal di Indonesia dan Internasional adalah Kopi Amungme Gold hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Mimika dengan PTFI untuk mengembangkan produsi kopi sejak 2014 lalu.

“Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih, karena PTFI dengan koperasi binaannya yang telah memindahkan kantornya ke lokasi yang lebih bisa dijangkau sebab kalau dulu kita cari produk ini susah didapat, karena pembelinya mungkin beli langsung karton jadi,” ujarnya.

Kemudian Vice Presicent Comunnity Development PT Freeport Indonesia Nathan Kum mengatakan pengembangan dan kerjasama untuk mengembangkan komoditi di Mimika kopi sangatlah panjang dimulai tahun 1998 kemudian pada 2014 ditandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

“Ini perjalanan yang cukup panjang bagi kita semua yang terlibat untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat yang ada di lingkungan dataran tinggi, sebab hasil kopi butuh waktu, mulai 5 sampai dengan 10 tahun, siapa yang mau dukung? kan susah? Orang cari yang hari ini berjuang, hari ini kita dapat uang, tapi saya salut dengan koperasi yang susah payah melakukan sosialisasi,” paparnya.

Nathan menambahkan kerjasama dengan kepala kampung dalam proses sosialisasi juga menjadi salah satu kunci kesuksesan pengembangan kopi di masyarakat asli daerah pegunungan yang sudah memiliki budaya bercocok tanam jenis tertentu.

“Bukti pengembangan adalah di kebun-kebun di hak-hak ulayat masyarakat sendiri sudah banyak yang menanam kopi, sehingga saat ini sudah ada 154 petani aktif yang tergabung dalam Koperasi Amungme Gold, tambang itu terbatas, tapi kopi ini tidak akan habis,” imbuhnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: