fbpx

PTFI Berikan Bantuan Peralatan Oksigen Konsentrator

Timika, APN – PT Freeport Indonesia memberikan bantuan berupa peralatan perusahaan untuk turut serta dalam upaya mitigasi kenaikan kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika, PTFI menyerahkan bantuan berupa alat Oksigen Konsentrator sebanyak 20 unit kepada RSMM dan RSUD Kabupaten Mimika untuk menangani pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mimika. Menurut keterangan pers yang diterima antarpapuanews.com penyerahan bantuan ini dilakukan di RSMM pada Selasa (20/7/2021). Penyerahan bantuan oleh Vice President Community Relation PTFI Nathan Kum dan diterima langsung oleh Direktur RSMM dr. Joni Ribo Tandisau.

Tujuan diberikannya alat tersebut adalah untuk meringankan beban dan tanggungjawab dari kedua rumah sakit tersebut dengan semakin meningkatnya kasus positif Covid-19.

Vice President Community Relation Nathan Kum mengatakan, PT Freeport terus mendukung Pemerintah dan masyarakat dalam penanganan pandemi Covid-19, seperti yang dilakukan oleh pihaknya.

President Community Relation PTFI Nathan Kum (kanan) saat menyerahkan oksigen konsentrator yang diterima langsung oleh Direktur RSMM dr. Joni Ribo Tandisau (kiri).

“Bantuan Oksigen Konsentrator kepada RSMM dan RSUD Mimika, ini sangat penting, karena kita ketahui bersama oksigen sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien Covid-19. Saat ini Freeport menyerahkan 20 unit alat Oksigen Konsentrator, masing-masing rumah sakit mendapatkan 10 unit. Harga satu unit Oksigen Konsentrator sebesar Rp. 41.000,000,00 jadi totalnya sekitar Rp. 820.000.000,00,” kata Nathan.

Nathan Kum menambahkan di tengah masa pandemi ini, perusahaan turut mengimbau kepada masyarakat dan juga khusus karyawan, selalu mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Sementara itu Direktur RSMM dr. Joni Ribo Tandisau mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada PTFI yang sudah banyak membantu RSMM baik secara langsung maupun melalui YPMAK.

“Saat ini kita sangat membutuhkan oksigen dalam penanganan pasien, khususnya pasien Covid-19. Perlu diketahui, RSMM saat ini sangat kesulitan dalam penyediaan oksigen. Produksi oksigen di RSMM hanya mampu 12 tabung per hari. Sementara kebutuhan sehari-hari saat ini membutuhkan 50 tabung,” katanya.

Selain memberikan bantuan kepada RSMM dan RSUD di Timika, pada hari yang sama PTFI juga memberikan bantuan 10 unit Oksigen Konsentrator kepada Klinik Kuala Kencana yang diserahterimakan oleh Vice President Government Relation Jonny Lingga diterima langsung oleh Pimpinan Klinik Kuala Kencana Sofia Indradewi.

Oksigen Konsentrator adalah alat yang digunakan untuk memberikan oksigen tambahan bagi pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (Chronic Obstructive Pulmonary Disease/COPD) termasuk pasien positif Covid-19 yang sangat membutuhkan konsentrasi oksigen yang lebih tinggi. Keuntungan menggunakan alat ini adalah dapat membantu memberikan oksigen tambahan pada penderita hipoksemia kronik, edema paru dan pasien positif Covid-19. (Aji-cr01/***)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: