PTFI Berikan Bantuan 800 Jaket Pelampung kepada Basarnas – Antar Papua News -
Berita  

PTFI Berikan Bantuan 800 Jaket Pelampung kepada Basarnas

Wakil Presiden Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja PTFI Eman Widijanto secara simbolis menyerahkan pelampung kepada Kepala Basarnas Mimika George LM Randang di Rimba Papua Hotel, Selasa (23/8/2022). (Foto: Aji/APN)

Timika, APN – PT Freeport Indonesia memberikan bantuan sebanyak 800 jaket pelampung kepada Badan SAR Nasional (Basarnas) Mimika dalam upaya mendukung keselamatan masyarakat di wilayah pesisir selatan Mimika.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Presiden Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja PTFI Eman Widijanto dan diterima Kepala Basarnas Mimika George Mercy Randang di Hotel Rimba Papua, Selasa (23/8/2022).

Penyerahan itu disaksikan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, VP Govrel PTFI Johnny Lingga, Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Laksamana Muda (Laksda) TNI Ribut Eko Suyatno, Danlal, juga Danlanud Mimika.

“Bantuan jaket pelampung ini kami serahkan melalui Basarnas Mimika sebagai wujud sinergitas yang baik antara PTFI dengan Basarnas Mimika, semoga dapat bermanfaat khususnya bagi masyarakat di wilayah pesisir Mimika dalam melakukan aktifitas nelayan ataupun saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi air,” ujar Wakil Presiden Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja PTFI Eman Widijanto.

Selanjutnya, Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Laksamana Muda (Laksda) TNI Ribut Eko Suyatno mengucapkan terima kasih kepada PTFI yang sudah peduli terhadap masyarakat di Mimika khususnya wilayah pesisir.

“Dengan diberikannya 800 jaket pelampung, kami (Basarnas) juga akan memberikan edukasi juga kepada masyarakat bagaimana cara survival (keselamatan), mandatory (peralatan) apa yang dibutuhkan pada saat melaut atau di laut,” katanya.

Ribut menekankan juga kepada Basarnas Mimika untuk memberikan edukasi terkait pemanfaatan gawai sebagai salah satu alat untuk mempermudah pencarian dengan pengaktifan GPS.

Ribut menambahkan selain dari Basarnas, Pemerintah Kabupaten Mimika juga bisa bersurat langsung ke BMKG agar bisa memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Ada sekolah lapang, nanti BMKG akan memberikan edukasi kepada para nelayan terkait dengan mudahnya permintaan data cuaca. Karena kebetulan kami satu wadah mitra kerja komisi 5 DPR RI. Selain itu kalau mau ke laut bisa juga nelayan diedukasi untuk melapor bisa ke Basarnas, bisa ke Lanal,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengapresiasi PTFI yang telah memberikan dukungan berupa 800 jaket pelampung kepada Basarnas Mimika yang nantinya akan diserahkan kepada masyarakat di wilayah pesisir.

“Saya hanya berharap penyerahan jaket pelampung ini setelah diserahkan, benar-benar digunakan, sehingga saya memohon kepada semua pihak untuk berkomitmen memberikan edukasi kepada masyarakat, karena mereka alergi pakai ini (jaket pelampung). Ini serius biar ada di speed boat juga mereka tidak pakai,” katanya.

John melanjutkan tugas dari semua pihak saat ini adalah bagimana cara agar jaket tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kita harus benar-benar memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya jaket pelampung ini. Saya mungkin minta tolong kepada pak Danlanal, kalau (masyarakat) belum pakai (pelampung) tahan mereka dulu, kalau sudah pakai baru izinkan mereka (melaut), mungkin begitu caranya,” ujarnya.

Dengan begitu John berharap pentingnya jaket pelampung benar-benar dipahami oleh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Basarnas Mimika George Mercy Randang menyebutkan dengan adanya dukungan dari PTFI pihaknya akan meningkatkan optimalisaso penyelenggaraan keselamatan bagi masyarakat pengguna transportasi air.

“Jaket pelampung akan kami salurkan ke desa-desa di Pesisir Timur Mimika dan di sekitar Muara Ajkwa serta kepada kelompok-kelompok yang sering melakukan perjalanan menggunakan trasportasi air. Kami berharap keselamatan masyarakat semakin memadai, sehingga aktifitas transportasi air semakin aman khususnya di wilayah pesisir Mimika,” tutupnya.

Penulis: AjiEditor: Sani
%d blogger menyukai ini: