PT Pertamina Beberkan Informasi Pendataan dan Pendaftaran Subsidi Tepat MyPertamina

Area Manager Communication, Relations & CSR Papua Maluku Edi Mangun (kedua dari kiri) saat menunjukan brosur sosialisasi MyPertamina di Pasar Sentral, Jumat (22/7/2022).

Timika, APN – PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku mengklarifikasi isu-isu yang beredar terkait tujuan pendataan dan pendaftaran yang dilakukan Pertamina terhadap pemilik kendaraan.

Area Manager Communication, Relations & CSR Papua Maluku Edi Mangun menjelaskan, subsidi yang selama ini dilakukan pemerintah terhadap para pengemudi roda empat baik angkutan umum maupun konsumen pengguna tertentu ternyata ternyata tidak tepat sasaran.

Karenanya, pemerintah berinisiatif melakukan pendataan serta pendaftaran Subsidi Tepat yang bisa diakses melalui website subsiditepat.mypertamina.id sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014.

“Yang paling penting setelah nanti bapak ibu saudara-saudara mendaftar, ini akan dikirim ke Jakarta untuk dilakukan verifikasi. Nanti pemerintah yang tentukan, dasarnya adalah Perpres. Jadi Perpres itu terkait siapa yang berhak dan jenis kendaraan CC berapa misalnya, itu akan berhak mendapatkan subsidi,” jelas Edi saat ditemui wartawan di Terminal Pasar Sentral, Jum’at (22/7/2022)

Dalam Perpres tersebut, pada poin (a) berbunyi, bahwa dengan mempertimbangkan perkembangan kebutuhan nasional atas Bahan Bakar Minyak dan dalam rangka pemberian subsidi yang lebih tepat sasaran kepada konsumen pengguna tertentu serta guna meningkatkan efisiensi penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, perlu menata kembali kebijakan mengenai penyediaan, pendistribusian, harga jual eceran dan konsumen pengguna jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan mengatur penyediaan, pendistribusian dan harga Bahan Bakar Minyak lainnya;

“Setelah terverifikasi itu akan ada semacam QR code, peraturan dikirim lewat email dan diterima oleh masing-masing orang yang berhak,” kata Edi.

Edi menjelaskan, setelah mendapat barcode, selanjutnya dapat dicetak dan dilaminating kemudian dapat ditempel di kendaraan. Sehingga petugas SPBU akan melakukan scan untuk memastikan konsumen benar-benar merupakan penerima hak BBM subsidi.

“Masyarakat juga tidak perlu khawatir akan sistem pembayaran. Pertamina tidak memberikan ketentuan khusus mengenai sistem pembayaran, untuk pembayaran ini dapat dilakukan secara tunai dan tidak diwajibkan untuk menggunakan aplikasi,” ujarnya.

Edi menegaskan, kebijakan tersebut saat ini belum diterapkan di Kabupaten Mimika, dan untuk sementara masih dilakukan pendataan dan pendaftaran. Sedangkan untuk waktu pemberlakuannya, pihak Pertamina belum dapat memberikan keterangan lebih jelas.

“Pemberlakuannya kapan itu belum, saya dengar kabar kemarin ada media lokal yang menulis bahwa di timika sudah berlaku, ternyata belum. Ini kan harus diverifikasi, di Timika ini kan jumlah kendaraan banyak, ada 10.000 kendaraan roda empat. Yang sudah terdaftar kalau tidak salah hampir 300 kendaraan,” tambahnya.

Edi mengapresiasi para konsumen yang sudah melakukan pendataan dengan mendaftarkan diri beserta kendaraannya dalam rangka program tersebut.

Sementara itu, untuk proses pendaftaran, ada dua alternatif yang bisa dipilih oleh konsumen, yang pertama yakni pendaftaran langsung secara online melalui website. Konsumen bisa mengaksesnya dengan membuka link subsiditepat.mypertamina.id, kemudian centang informasi memahami persyaratan, kemudian pilih menu daftar sekarang lalu ikuti instruksi dalam website tersebut.

Selanjutnya, tunggu pencocokan data selama 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status status pendaftaran di website secara berkala. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh kode QR dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Alternatif kedua bisa langsung melalui petugas Pertamina. Masyarakat bisa mendatangi posko pendaftaran di Terminal Pasar Sentral Timika.

Untuk persyaratan, konsumen wajib menyiapkan dokumen pendaftaran berupa KTP, STNK, Foto Kendaraan dan dokumen pendukung lainnya.

Writer: WahyuEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: