fbpx
Berita  

Profil Singkat I Gede Putra, Kapolres Mimika

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra S.I.K., M.H. (Foto: Wahyu/APN)

Timika, APN – AKBP I Gede Putra S.I.K., M.H, kini resmi menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resort Mimika. I Gede resmi di lantik di Polda Papua bersama 3 pejabat utama Polda Papua dan juga 3 Kapolres Jajaran Polda Papua lainnya pada Rabu, 18 Mei 2022 lalu. Berikut profil singkatnya yang dirangkum antarpapuanews.com.

I Gede Putra, lahir di Kabupaten Karang Asem, Bali pada tanggal 07 Mei 1983. Semasa kecil hingga remajanya, ia diketahui menempuh jenjang pendidikannya di bali sebelum akhirnya melanjutkan pendidikan Kepolisiannya di Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang, Jawa Tengah dan lulus pada tahun 2004.

“Jadi lulus SMA tahun 2001 kemudian melanjutkan sekolah di Akpol lulus tahun 2004, jadi saya angkatan 2004,” kata I Gede Putra, saat ditemui awak media di Mako Polres Mimika, Mile 32. Jum’at (20/5/2022).

Riwayat penugasan, pria berusia 39 tahun itu setelah lulus Akpol, ia kemudian ditempatkan untuk pertama kalinya di Kepolisian Daerah (Polda) Jogjakarta. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada tahun 2009 dan lulus di tahun 2011. Setelah lulus PTIK, Gede selanjutnya ditempatkan di Polda Papua.

“Untuk.di Polda Papua sendiri, pertama saya di Jayapura kemudian diberikan tanggung jawab ke Sorong, setelah dari sorong kemudian ke Timika, sebagai Kapolsek Mimika Baru, setelah Kapolsek Miru saya ke Nabire menjadi Danyon Brimob Nabire, kemudian setelah itu baru diberikan kepercayaan kembali untuk bertugas di Mimika sebagai Danyon B,” kata I Gede

Usai menjadi Danyon B, I Gede kembali mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri pada tahun 2019. Setelah pelaksanaan sekolah Sespim, ia kemudian ditempatkan di Polda Kalimantan Tengah sebagai Danyon B Brimob Pelopor (Kalteng) selama kurang lebih dua setengah tahun. Ia kemudian kembali diberikan amanah untuk kembali bertugas di tanah Papua yaitu sebagai Kapolres Mimika.

I Gede Putea kini telah mengambil tongkat komando dari AKBP I Gusti Gde Era Adhinata yang telah menjabat sejak 8 November 2019 menggantikan AKBP Agung Marlianto. Itulah profil singkat yang diceritakan AKBP I Gede Putra kepada awak media.

Sementara itu, meskipun sudah mendulang berjuta-juta pengalaman di Papua, untuk jabatan yang kini diembannya, ia juga meminta kepada warga masyarakat beserta seluruh pihak agar dapat menjaga ketertiban dan menciptakan Timika yang damai.

“Semua akan bisa berjalan dengan baik jika situasi sudah aman dan damai. Kita jaga sinergitas bagaimana agar menciptakan Timika menjadi tanah yang damai,” tutup I Gede.

Writer: WahyuEditor: Sani

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: