Polisi Bekuk Pencuri 23 TV Wisma Atlet

Kasat Reskrim Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar. (Foto: Abi/APN)

Timika, APN – Penyidik Satreskrim Polres Mimika berhasil membekuk pelaku pencurian televisi sebanyak 23 unit merk Samsung ukuran 32 Inch dari Wisma Atlet di kompleks Mimika Sport Center (MSC) Jalan SP 5.

Kasatreskrim Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar mengatakan, pencurian tersebut diketahui 18 April 2022 sekira pukul 17.00 WIT, namun baru dilaporkan Satpol PP pada 14 Juni 2022.

“Dugaan pencurian terakhir dilakukan pelaku pada malam sebelum ketahuan (18 April 2022) bahwa TV tersebut hilang,” kata Bertu saat dikonfirmasi APN via telepon, Kamis (16/6/2022).

Bertu menjelaskan, para pelaku melakukan aksinya dengan cara menjebol kaca, mengambil TV dan membawa atau mengangkut TV keluar memakai motor satu per satu selama beberapa hari.

Usai mendapat laporan Selasa (14/6/2022) pagi, selang beberapa jam, siang harinya salah satu pelaku berinisial EW (22) warga Jalan Yos Sudarson Kompleks Kehutanan berhasil ditangkap di rumahnya. Dari 23 TV yang hilang, sisa 2 TV yang berhasil diamankan polisi.

“Dari pelaku EW kita amankan sepeda motor Yamaha Mio sporty warna hitam yang dipakai melancarkan aksinya. Selain motor, kita amankan 2 unit TV, selebihnya masih dalam pencarian,” kata Bertu.

Bertu mengatakan, polisi sudah mengantongi identitas satu pelaku yang melarikan diri dan sedang dalam pengejaran.

Bertu menilai, yang membuat para pelaku leluasa melancarkan aksinya, dalam ruangan dan lokasi TKP tidak ada pengamanan dan penerangan yang memadai.

“Tim kita masih melakukan pengembangan di TKP untuk barang bukti lainnya. Pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara,” tegasnya.

Lanjut Bertu, dari keterangan pelaku yang diamankan, 23 unit televisi ini tidak dijual sekaligus tapi dijual satu per satu jika ada yang membeli dengan harga Rp 500 ribu per unit.

“Dia jual barang itu cukup murah, karena dia butuh uang dan dipakai hanya untuk minum mabuk saja,” ujarnya.

Kasat Reskrim menduga selama ini gedung tersebut tidak dijaga dan diawasi.

Pelaku EW saat ini sudah diamankan di sel Polres Mimika Jalan Agimuga mile 32, sedangkan rekannya pelaku masih terus dilakukan pencarian.

Penulis: AbiEditor: Sani
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d blogger menyukai ini: