fbpx

PMI Mimika Belum Miliki UTD

Timika, APN – Pelayanan  Palang Merah Indonesia  (PMI) Kabupaten Mimika, yang berkaitan dengan darah untuk sementara, PMI Kabupaten Mimika hanya bisa memberikan sosialisai atau mengkampanyekan tentang pentingnya dan manfaat donor darah, serta  mengarahkan warga yang membutuhkan darah bagi pasien emergensi.

Ketua PMI Kabupaten Mimika, Jaconis Manusiwa (kiri) dan Ketua Harian PMI Provinsi Papua, Zakeus Degei (Kanan) saat ditemui usai mendampingi vaksinasi di SMK Yapis, Mimika

“Kami belum memiliki Unit Tranfusi Darah (UTD), sehingga tugas kami hanya bisa mensosialisaikan atau kompanyekan dan juga mengarahkan orang – orang yang membutuhkan darah ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika dan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Mimika, untuk bisa pelaksanaan pengambilan darah,” kata Ketua PMI Kabupaten Mimika, Jaconis Manusiwa saat ditemui APN di SMK Yapis Timika Rabu, (01/09/2021).

Lanjutnya, saat ini pihaknya sementara melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehataan maupun Pemerintah Daerah untuk bisa diberi ruang, untuk UTD.

“Hampir setiap hari warga yang datang ke kami untuk minta darah, karena ada keluarganya yang mengalami musibah dan sebagainya, tetapi hanya bisa mensosialisaikan dan mengarahkan,” ujarnya.

Sementara ini peran PMI hanya membantu masyarakat yang membutuhkan darah melalui Komunitas darah yang dibentuk oleh PMI Mimika sendiri pada tahun 2016, dengan jumlah anggota kurang lebih sekitar 170 orang.

“Kami hanya membuat komunitas donor darah saja untuk membantu masyarakat pada saat emergensi bagi pasien yang membutuhkan, ketika ada warga yang meminta pada kami,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Harian PMI Provinsi Papua, Zakeus Degei saat ditemui APN di SMK Yapis Timika, mengatakan bahwa tugas PMI ini adalah tugas kemanusian, walaupun dengan keterbatasan, pihaknya pasti akan tetap terlayani ketika warga yang membutuhkan darah.

“Kalau untuk UTD sendiri, kami belum tau, kenapa dikelola oleh pihak rumah sakit,” katanya.

Zakeus berjanji kekurangan – kekurangan yang dialami oleh PMI Kabupaten Mimika akan tetap dibantu atau mendorong, ketika diajukan ke provinsi, sebab adalah salahsatu tugas kemanusian. (Anis)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: