fbpx

PLT Dinas Perikanan Mimika Resmi Menjabat

Timika, APN – Kepala Dinas Perikanan Mimika Leentje Siwabessy secara resmi meletakkan jabatannya selaku kepala Dinas digantikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Anthonius Welerubun.

(Dari kiri) mantan Kepala Dinas Perikanan Mimika Leentje Siwabessy, Sekda Mimika Michael Gomar, Plt Dinas Perikanan Mimika yang baru dilantik Anthonius Welerubun, usai serah terima jabatan di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Senin (8/11/2021).

Penyerahan tersebut dilaksanakan di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Senin (8/11/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Michael Gomar menyampaikan setelah pada 5 November 2021 lalu Kadis Perikanan memasuki masa pensiun maka untuk melanjutkan program kerja, tugas dan tanggungjawab di Dinas Perikanan hingga akhir tahun 2021 maka dilantiklah PLT.

“pengangkatan atau penunjukan PLT tersebut sudah dengan pertimbangan dengan memperhatikan rekam jejak dan kemampuan (PLT), untuk membantu tugas-tugas di Dinas Perikanan,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Michael menambahkan mewakili Bupati Mimika dan Pemerintah Kabupaten Ia mengucapkan terima kasih kepada Leentje yang sudah menjabat sebagai Kadis Perikanan dan berkarir sebagai pelayan masyarakat melalui program-program yang dilakukan.

“kami berterimakasih kepada Ibu Leentje yang selama ini sudah mengabdikan diri dan  membangun di Kabupaten Mimika melalui sektor perikanan,” ungkapnya.

Menurut Michael, apa yang dilakukan oleh Kadis Perikanan memberikan dampak yang signifikan dalam sektor perikanan.

“Apa yang dibangun oleh Ibu pastinya sangat dirasakan oleh masyarakat yang berkecimpung dalam sektor perikanan atau industrinya,” katanya.

Sekda menambahkan kinerja Kadis Perikanan pun patut diapresiasi karena sektor perikanan yang merupakan salah satu sektor unggulan di Mimika mampu berkembang dibawah kepemimpinannya sehingga mampu mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika yang baru saja meletakkan jabatannya Leentje Siwabessy mengungkapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika karena memberikan kepercayaan kepada dirinya sebagai Kepala Dinas selama lima tahun.

Selain itu Ia juga berterima kasih kepada pejabat eselon 3 dan 4, staf ASN dan honorer yang telah membantu dirinya yang bukan lulusan Dinas Perikanan membangun dan mengembangkan Dinas Perikanan Mimika.

“Ketika saya masuk PAD kita (Dinas Perikanan) hanya 25 juta rupiah namun sekarang sudah mencapai 700 juta rupiah, semua keberhasilan itu adalah hasil kerja keras kami (seluruh pegawai dan honorer Dinas Perikanan),” katanya.

Ia menambahkan salah satu program atau terobosan yang juga menghasilkan PAD adalah pelelangan ikan secara terbuka.

“Pelelangan ikan itu aturannya kami kaji selama dua tahun sehingga ada hukum yang jelas dan didukung oleh Pemkab Mimika, kami pun bisa melakukan pelelangan ikan, sehingga PAD retribusi pelelangan ikan yang dikirim keluar itu nol rupiah saat ini kami berhasil meyetor PAD sebesar 163 juta rupiah,” jelasnya.

Kemudian Plt Kepala Dinas Perikanan yang baru Antonius Welerubun mengungkapkan sektor perikanan terutama Dinas Perikanan Mimika diisi oleh sumber daya manusia yang handal dalam bidangnya, sehingga dapat memudahkan adaptasi dirinya, agar dapat melanjutkan program kerja dengan baik. (Aji)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE
%d bloggers like this: