Peserta Kejurkab Panjat Dinding Besutan FPTI Membludak

Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum Setda Mimika, Septinus Timang, didampingi oleh Ketua Harian FPTI Kabupaten Mimika, Mohammad Basar saat membuka Kejurkab I Panjat Dinding di Venue Panjat Tebing Timika, Jumat (28/10/2022). (Foto: Anis/APN)

Timika, APN – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) I untuk atlet-atlet tingkat sekolah mulai dari SD hingga SMA/SMK dan umum di Venue Panjat Tebing Mimika, Jumat (28/10/2022). Kejurkab tersebut diikuti total 245 peserta.

“Saat membuka pendaftaran, kami pikir peserta tidak sampai 100 orang. Tapi ternyata dari teknical meeting terakhir, jumlah peserta mencapai 245 orang,” ungkap  Ketua Harian FPTI Kabupaten Mimika, Mohammad Basar saat memberi sambutan.

Basar mengatakan, 245 peserta tersebut terdiri dari 119 peserta pelajar SD hingga 126 pelajar tingkat SMA/SMK dan umum. Kategori yang dilombakan terdiri speed wall, speed klasik putra dan speed wall record.

“Kegiatan ini merupakan event pertama yang diselengarakan oleh FPTI Mimika, agar dapat menjaring bibit atlet berkompeten. Minat anak-anak muda terhadap Panjat tebing kini mulai terlihat, pasca PON, sehingga telah bermunculan club baru, yang digandrungi oleh pencinta panjat tebing dengan mayoritas anak-anak muda,” jelasnya.

Basar mengungkapkan, pecinta panjat dinding di Mimika saat ini didukung oleh fasilitas venue yang bertaraf internasional. Sehingga bisa mengasah skill dan kemampuan para atlet yang berlatih di Mimika.

“Selepas Kejurkab I, atlet yang memiliki kompetensi, akan kita Persiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua dan Prapon,” kata Basar

Sementara itu Ketua Panitia FPTI Paul Berno mengatakan Kejurkab FPTI tersebut digelar dalam rangka menyongsong Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum Setda Mimika, Septinus Timang mengatakan, cabor panjat tebing merupakan olagraga mendunia dan membutuhkan daya tahan tubuh dan keterampilan. Olaharaga ini sangat cocok untuk pemuda-pemudi.

“Kami mengajak semua para atlet untuk tetap menjunjung tinggi sportifitas, sehingga Kejurkab ini bisa berjalan dengan lancar. Semoga melalui Kejurkab ini bisa menjaring atlet – atlet muda dan berbakat, yang nantinya bisa membawa nama harum Mimika di kancah nasional bahkan Internasional,” pintanya.

Penulis: AnisEditor: Sani

Tinggalkan Pesan Anda