Peringati International Coffee Day, Puluhan Produk Kopi Lokal Papua Dipamerkan

Penggiat Kopi Timika berfoto bersama dengan Plt. Bupati Mimika Johannes Rettob pada peringatan Hari Kopi Sedunia di Rumah Kopi Amungme Gold, Jl. Malaria Control, Mimika Papua, Sabtu (1/10/2022). (Foto: Wahyu/APN)
banner

Timika, APN – Puluhan produk kopi lokal dari pegunungan Papua dipamerkan dalam peringatan International Coffee Day (Hari Kopi Sedunia) oleh 21 Pegiat Kopi di Kabupaten Mimika yang tergabung dalam PENGGIAT KOPI TIMIKA PAPUA di Rumah Kopi Amungme Gold, Sabtu (1/10/2022).

Kopi merupakan minuman yang sudah tak asing lagi. Dengan rasanya yang khas, kopi selalu mampu menjadi primadona bagi seluruh penikmat dan pecintanya.

Seperti biasanya, kelompok Penggiat Kopi Timika Papua ini selalu memberikan kesan yang berbeda disetiap event yang digelarnya. Dimulai dari minum kopi gratis hingga berbagai rangkaian kegiatan menarik lainnya. Terlihat, setiap stand yang didirikan menampilkan beragam produk kopi lokal Papua.

Peringatan Hari Kopi Sedunia sendiri diperingati setiap tanggal 1 Oktober oleh penggiat dan pecinta kopi di seluruh penjuru dunia.

Penasehat II Penggiat Kopi Timika Papua, Hery Aibekop kepada antarpapuanews.com menerangkan, pada peringatan Hari Kopi Sedunia ini, para penggiat kopi bertujuan mengangkat produk-produk kopi lokal Papua, serta memberikan apresiasi kepada para petani-petani kopi lokal yang tak pernah lelah bekerja keras dalam membudidayakan kopi.

“Disini selain Arabika juga ada yang sudah bermain robusta, kebetulan disini produk kopi Arabika ready stok, robusta juga ada, dan teman-teman disini sudah ada yang sampe sudah main hostbland artinya sudah campuran antara Robusta Arabika,” kata Hery.

“Disini ada Black Coffee, terus dari Lorentz Cafe juga sudah bermain produk, Kopi Nereg juga sudah bermain produk, disini juga ada S&B Cafe dia juga sudah bermain produk, ada Waanal, Amuro Coffee, Amungme Gold, Relax Cafe, Maoke juga, ini ada sekitar 10 yang main produk,” sambungnya.

Hery berharap, kedepan akan ada dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Mimika kepada para penggiat kopi di Kabupaten Mimika.

Selain Hery, Ketua Panitia International Coffee Day, Yusran menerangkan, seluruh rangkaian kegiatan ini dipersiapkan selama kurang lebih dua bulan lamanya. Yusran juga mengapresiasi semua panitia yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan kegiatan tersebut.

“Kita hampir 2 bulan persiapan, baik itu persiapan event, narasumber juga kita hubungi, kita menyurat, area tempat dilaksanakannya event juga,” terang Yusran.

Ia menjelaskan, kegiatan ini disponsor penuh oleh Daihatsu, PT Nutrifood, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Fotocopy Citra, Bank Rakyat Indonesia (BRI) KC Timika, Lilo Cafe, Amungme Gold dan Irian Bakti.

Yusran juga berharap, kedepannya Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dapat memberikan support serta dukungan kepada para Penggiat Kopi Timika Papua untuk memajukan produk-produk kopi lokal Papua. “Semoga komunitas penggiat kopi di Kabupaten Mimika ini dapat perhatian dari pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Vice Precident Community Development PTFI, Natan Kum yang berkesempatan memberikan sambutannya dalam kegiatan tersebut mengapresiasi apra Penggiat Kopi Timika Papua atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia juga mengapresiasi perjuangan para petani kopi yang sudah membudidayakan kopi-kopi lokal Papua.

“Memang sulit ya, cukup jauh jadi jalan kaki sampai sore baru sampai, jadi petani kopi yang aktif sudah 154, kalau petani kopi yang mandiri 132, ini yang kita sudah kerja sama dengan pemerintah, sangat luar biasa dan kita resmikan di rumah kopi ini dua bulan yang lalu,” kata Natan.

Natan juga menyampaikan terima kasih atas jalinan kerja sama antara Pemkab Mimika bersama PTFI dalam membantu memajukan para petani-petani kopi di Papua.

Senada dengan Natan Kum, Plt. Bupati Kabupaten Mimika, Johannes Rettob juga turut mengapresiasi serta memberikan dukungan penuh kepada para Penggiat Kopi Timika Papua yang masih tetap eksis serta telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Ia juga mengapresiasi para penggiat-penggiat kopi yang telah memiliki produk kopi secara mandiri. Ia juga mendukung agar para penggiat kopi yang telah memiliki produk agar segera mendapatkan sertifikasi agar memiliki legalitas hukum.

“Dinas pertanian harus perhatikan itu, dinas koperasi, dinas Ketahanan pangan harus dia daftarkan,” tutur Johannes dalam sambutannya.

Johannes berharap, dengan adanya kegiatan tersebut menjadi suatu momen kebangkitan kopi lokal Papua di Kabupaten Mimika, dan bisa menembus kanca nasional bahkan hingga dunia. Ia juga berjanji, pemerintah daerah akan memberikan dukungan penuh kepada para Penggiat Kopi Timika Papua agar dapat mengembangkan produk-produk kopinya.

Peringatan Hari Kopi Sedunia ini diselenggarakan oleh 21 Penggiat Kopi yang tergabung dalam PENGGIAT KOPI TIMIKA PAPUA, diantaranya adalah Amuro Coffee, Maoke, Estetika Kopi, Straat Coffee, Black Coffee, Dialog Kopi, Amungme Gold, Kopi Merindu, Itjip Kopi, Kopi Deng Dia, Rilex Coffee, Kopi Nereg, Lilo Cafe, S & B Coffee, Bee Coffee, PO Coffee, Lorentz Papua Coffee, Kopi MULO, Ih. Kopi, Waanal Coffee and Resto. Turut berpartisipasi, LOKALATE – Kopi Berondong dari PT Nutrifood.

Peringatan Hari Kopi Sedunia ini dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan sebagai bentuk apresiasi serta dukungan dari Pemkab Mimika kepada dua orang petani kopi lokal.

Penulis: WahyuEditor: Sani

Tinggalkan Pesan Anda