fbpx
Umum  

Peringatan Hari Pancasila, Wabup John: Kita Harus Amalkan Pancasila

Timika, APN – Memperingati hari lahir Pancasila, Wakil Bupati Mimika berpesan agar masyarakat khususnya di Mimika dapat selalu mengamalkan lima sila dalam pancasila.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengtakan seperti halnya tema peringatan Hari Lahir Pancasila 2021, yang diusung Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) adalah “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”, artinya semua pihak harus betul-betul  mengamalkan dan melaksanakan Pancasila.

Menurut John, salah satu bentuk pelaksanakan atau pengamalan Pancasila adalah sikap Bhineka Tunggal Ika (tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama), saling bergotong royong, solidaritas, dan toleransi.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob

“Mudah-mudahan khususnya di Mimika kita cukup baik dalam hal-hal seperti ini. Saling menghargai, antar umat, masyarakat, agama, ini yang paling penting. Pancasila itu betul-betul dilaksanakan, jangan hanya bicara, tetapi betul-betul mengamalkan pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari,” katanya saat ditemui Wartawan di Jalan Yos Sudarso, Selasa (1/6/2021).

John berharap dengan pengamalan Pancasila yang baik, masyarakat Mimika dapat mempersembahkan sebuah kemajuan bagi Indonesia dan daerah.

“Selain mengamalkan nilai pancasila, makna dari hari lahir Pancasila itu adalah bagaimana semua elemen masyarakat Indonesia mengingat kembali Bung Karno,” ujarnya.

Wabup juga menyebut adapun arahan dari BPIP Republik Indonesia yang dikirim kepada Kementerian Dalam Negeri kemudian diteruskan kepada seluruh Kepala Daerah di Provinsi, Kabupaten/Kota hari Pancasila.

“Arahan itu pertama soal pengibaran bendera sebagai peringatan hari lahirnya Pancasila, kedua terkait dengan upacara yang dilakukan secara daring secara serentak yang dipusatkan di tugu Pancasila di Jakarta,” ungkapnya.

Di Mimika sendiri pihak Pemda mengikuti upacara secara virtual yang diPimpin Oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Kita (Pemkab Mimika) ikut juga nanti secara virtual,” tutupnya. (Aji-cr01)

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: