fbpx

Peringaiti Hari Sampah Nasional 2022, PTFI Gandeng Komunitas Gelar Aksi Bersih Kota

Foto Bersama seusai Kegiatan Aksi Bersih Kota Dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional, Sabtu (26/02/2022) Foto : Anis

Timika, APN – Peringati Hari Sampah Nasional Tahun 2022. PT. Freeport Indonesia (PTFI) lakukan bersih kota bersama komunitas yang ada di Mimika.

General Superintendent Reclamation, Biodiversity and Education PT. Freeport Indonesia, Roberth Sarwom mengatakan, kegiatan dilaksanakan sebagai wujud kepedulian PTFI untuk membantu Pemerintah Daerah terutama dalam pengolahan sampah, yang sejalan dengan program nasional yaitu Hari Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari tahun 2022.

“Mengawali seluruh rangkaian kegiatan di lingkungan PTFI, kami melakukan bersih – bersih kota yang dilaksanakan pada hari ini dengan melibatkan komunitas – komunitas yang ada di seputaran Timika,” ungkapnya kepada wartawan disela – sela kegiatan, Sabtu (26/02/2022)

Roberth melanjutkan secara khusus dalam kegiatan kurang lebih sekitar 300 orang yang terlibat, dibantu atau didukung oleh Pemda Mimika, kemudian ada Kamgas (Komunitas Peduli Anti Sampah), Pemuda – Pemuda Gereja, GMKI, GKI Ebenhezer, GBI Mawasaron,GKI Pniel dan Juga GPI Tiberias dan beberapa sekolah.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali seperti gini tetapi juga mengerjakan aksi – aksi peduli lingkungan secara khusus untuk memerangi sampah yang setiap hari kita melihat di kota Timika ini penuh dengan sampah,” ungkapnya.

Roberth menyebut dengan kegiatan yang dilaksanakan pihaknya berharap kesadaran setiap orang untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita tidak menyalahkan siapapun dia yang membuang sampah tetapi itu kembali pada diri kita masing – masing. Kalau kita peduli dengan lingkungan maka kita mengolah sampah dari diri kita dengan baik,” sebutnya.

Lokasi kegiatan dimulai dari pagar kuning (bandar udara mozes kilangin lama) sampai di jalan ahmad yani.

Ia juga menjelaskan, Sampah yang dikumpulkan pada aksi bersih hari ini dikumpulkan kurang lebih satu setengah ton, kemudian sampah – sampah tersebut langsung dipilah seperti sampah botol dan sampah non botol.

“Sampah botol akan di daur ulang oleh PTFI menjadi pafingblok dan sampah non botol langsung diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Mimika untuk mengurus,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Seksi Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Arisampe Mambulu meminta dukungan dari semua kalangan masyarakat di Timika untuk ikut berpartisipasi dalam penanganan sampah dengan melakukan kegiatan – kegiatan bersih kota.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak bergantung pada komunitas saja, tetapi juga harus ikut terlibat dengan melakukan kerja bakti disetiap keluraha atau RT.

“Pak Sekda Mimika sudah anjurkan bahwa kalau bisa setiap hari Jumat itu adakan kegiatan bersih – bersih. Jadi Ketua – Ketua RT harus terlibat dalam menggerakan masyarakat untuk bisa melakukan kegiatan- kegiatan semacam ini, kami merasa sangat terbantu sekali dari Enviro, Kamgas yang pada hari ini sama – sama untuk melakukan kerja bakti dalam hal memperingati hari Peduli Sampah Nasional,” kata Aris.

Ia juga menghimbau kepada warga Timika yang sering beraktivitas di pagar kuning untuk membuang sampah pada tempat sampah yang disiapkan oleh PTFI.

Kemudian Koordinator Urusan Kesiswaan SMPN 2 Mimika, Paul Berno menyampikan terima kasih karena para Guru dilibatkan untuk mendampingi siswa – siswi alam lestari dalam rangka memperingari hari peduli sampah nasional pada tahun 2022 ini

“Kami merasa bahwa kegiatan ini sangat penting dan sangat bermanfaat. Disini diajarkan bagaimana anak – anak mencintai lingkungannya untuk menjaga kebersihan, karena lingkungan yang sehat juga berpengaruh pada kehidupan kita sehari – hari, kita harus menjaga lingkungan kita supaya tetap bersih karena kebersihan itu juga bagian dari Iman,”ugkap Paul.

Sementara itu seorang siswa SMP 1 Kalam Kudus Hensi kelas 1 menuturkan dirinya sangat senang, bisa mengikuti kegiatan kali ini. Karena tahun – tahun sebelumnya belum bisa ikut berpartisipasi.

“Jadi saya merasa beruntung dan senang diizinkan untuk ikut berpartisipasi. Sebenarnya kegiatan ini perlu dilakukan setiap saat engga harus hari menunggu Hari Peduli Sampah Nasional baru kita melakukan,” ujar Hensi.

Masyarakat menurutnya juga perlu berinisiatif, dan jangan membuang sampah sembarangan.

“Buat orang – orang yang masih buang sampah sembarangan. Ayo ubah pola pikir kita itu harus peduli terhadap lingkungan apabila membuang sampah sembarangan akan berdampak pada alam seperti banjir dan juga pada kesehatan kita,” tutupnya.

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: