fbpx
Umum  

Peran Penting BUMN dalam Pemberdayaan Umat

Para peserta antusias mengikuti jalannya sosialisasi yang dilaksanakan Senin (24/1/2022) di jalan Hasanuddin, kelurahan Inauga, Distrik Mimika Baru. Ist

Timika, APN – Anggota Komisi VI DPR RI, Trifena M Tinal, kembali menggelar sosialisasi di tahun 2022 ini.

Anggota Komisi VI tersebut melakukan sosilisasi kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan perekonomian warga, dengan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

BUMN menurut Trifena memiliki peran penting dalam peningkatan ekonomi, hal ini dapat dilihat dari berbagai program pemberdayaan yang diluncurkan BUMN melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Menurut keterangan pers yang diterima antarpapuanews.com, Sabtu (29/1/2022) pagi,  pada Senin (24/1/2022) dilaksanakan sosialisasi dengan tema “Peran BUMN untuk Pemberdayaan Umat”. Sosialisasi dilangsungkan di Jalan Hasanuddin, Kelurahan Inauga, Distrik Mimika Baru dengan melibatkan para pelaku usaha kecil, diantaranya tukang ojek, dan pedagang sayuran.

Sementara itu, hadir sebagai narasumber, Kepala Unit Pegadaian UPC Karang Senang
Rahmad Fajrin Hidayat.

Grace Sinaga, selaku perwakilan Trifena M Tinal, dalam mengungkapkan kualitas SDM pelaku pembangunan sangat menentukan tingkat keberhasilan pembangunan ekonomi umat. Karena itu, pembangunan SDM mutlak diperlukan.

Kementerian BUMN menjalin kolaborasi dengan semua pihak. Tak terkecuali organisasi keagamaan karewna organisasi umat diyakini dapat mengakselerasi tumbuhnya perekonomian.

Grace menambahkan secara garis besar terdapat dua kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN saat ini. Pertama, untuk kembali merawat alam dan merawat manusia dengan peningkatan kapasitas melalui bantuan pendidikan. Oleh karenanya, pembangunan serta pemulihan ekonomi harus diiringi dengan pembangunan manusianya.

Fungsi dan peran BUMN kata Grace sebagai perpanjangan tangan Negara, harus mampu memetakan semua potensi SDM dan sumber daya alam (SDA) untuk dikelola dengan maksimal, guna menciptakan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Sementara itu, Rahmad mengatakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peran cukup krusial dalam membangkitkan perekonomian umat. Hal itu dapat terlihat dari berbagai macam program pemberdayaan yang diluncurkan BUMN selama ini.

“Melalui program-program pemberdayaan , BUMN patut diapresiasi di mana banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya program tersebut,” katanya.

Bahkan kata Rahmad tengah pandemi dan ketidakpastian ekonomi global saat ini, BUMN hadir di garda terdepan dalam membangkitkan gairah ekonomi umat.

Writer: Aji/***Editor: Aji

Leave a Reply

error: Hak Cipta antarpapuanews.com
%d bloggers like this: