Penyerapan Anggaran di Kabupaten Mimika Masih Minim

Barisan ASN masing-masing OPD saat mengikuti apel pagi di Kantor Puspem Kabupaten Mimika

Timika, APN – Realisasi anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika masih minim. Untuk itu, Plt Bupati Mimika Johannes Rettob meminta kepada para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera melakukan pelaporan hasil kegiatan yang telah usai dan terbayar.

“Kita tinggal satu bulan lagi tutup tahun, realisasi anggaran kita masih jauh dari harapan kita, sehingga kepada para pimpinan OPD, PPTK dan PPK segera mengupdate semua kegiatan kemarin, kalau sudah selesai segera lakukan pembayaran,” paparnya dalam apel pagi yang digelar di pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika pada Senin (7/11/2022).

John menyebut dirinya terus menyampaikan perihal serapan anggaran sebab hingga kini masih penyerapan anggaran masih jauh dari yang diharapkan. Guna menanggulangi hal tersebut mulai tahun 2023 John mengatakan pembahasan anggaran dilakukan lebih cepat sehingga pelelangan bisa segera dilakukan.

John menyebutkan saat ini penyerapan anggaran Pemkab Mimika di atas baru sekitar 52 persen. Padahal pada akhir bulan November ini penyerapan anggaran ditargetkan mencapai 85 persen. Sehingga proses pembayaran kepada pihak ketiga harus dipercepat dan yang paling banyak di Dinas PU.

“Targetnya di akhir November (APBD 2023) sudah dilakukan paripurnakan, kemudian penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) kita kasih waktu 2 minggu untuk OPD, sehingga Desember sudah selesai, jadi Januari bisa lelang (pengadaan ataupun pekerjaan),” tutupnya. (Aji)

Penulis: AjiEditor: Sani

Tinggalkan Pesan Anda